Gambar Alat Musik Siter dan Celempung dari Daerah Jawa Tengah


Adakah yang sedang mencari gambar alat musik Siter dan Celempung dari daerah Jawa Tengah? Sebenarnya alat musik tradisional dari Jawa Tengah ini tidak jauh berbeda dengan Jawa Barat.

Mungkin karena pengaruh letak geografisnya yang berdekatan sehingga ada unsur-unsur yang masih sama di antara kedua provinsi tersebut.

Di Jawa Barat kita kenal dengan alat musik angklung dan ternyata Jawa Tengah juga memiliki alat musik angklung. Selain itu jika Jawa Barat memiliki Gamelan sunda begitu pula Jawa Tengah memiliki alat musik Gamelan Jawa.

Gamelan Jawa adalah alat musik pukul yang dimainkan dengan beberapa alat musik lainnya, seperti Gong, Kenong, Saron, Kendang, Kepyak, Gerong, Siter, Celempung, Sulung Rebab dan alat-alat musik lainnya.

Sehingga, harmonisasi keseluruhannya menghasilkan alunan musik yang indah dan enak untuk diperdengarkan.

Siter

Jika di Jawa Barat atau daerah Sunda khusunya menggunakan Kecapi sebagai alat petiknya, maka di Jawa Tengah salah satu alat petiknya dalam permainan Gamelan ini menggunakan Siter dan Celempung.

Siter ini bisa disebut gitarnya orang Jawa yang dapat menghasilkan suara dan nada yang indah, melodinya pun sangat beragam tak kalah dengan alat musik petik lainnya.

Bentuk Siter dan melodinya hampir sama dengan Sitar dari negara India sehingga ada yang mengatakan bahwa Siter ini mengikuti alat musik Sitar dari India.

Celempung

Siter memiliki 11 dan 13 pasang senar yang kedua sisinya direntangkan di antara kotak resonator sama halnya dengan Celempung.

Kedua sisi Siter dan Celempung adalah sisi pelog dan slendro. Namun, ukuran Celempung lebih panjang sekitar 90 cm. Sedangkan panjang Siter hanya sekitar 30 cm.

Siter dan Celempung ini dimainkan secara bersamaan dengan tempo yang cepat karena termasuk ke dalam alat musik pengiring sama halnya dengan alat musik Gambang.

Demikian gambar alat musik Siter dan Celempung dari Daerah Jawa Tengah. Jika dalam pertunjukan Gamelan Jawa Anda ingin menampilkan suara musik yang eksotis, maka gunakanlah alat musik Siter dan Celempung dalam Gamelan Anda.

Namun sayang, saat ini alat musik Siter dan Celempung ini sudah jarang dipakai lagi dalam pertunjukan. Sebagai alat musik tradisional daerah seharusnya kita ikut melestarikan keberadaan alat musik ini agar tetap ada.

Selanjutnya : Harga BMX Style Berbagai Merek
Sebelumnya: Tips Modal Buka Toko 10 Juta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar