Gambar Barang Ekspor dan Impor


Gambar barang ekspor dan impor ini secara umum sama saja karena biasanya barang-barang ekspor dan impor tersebut dimasukkan ke dalam peti kemas. Peti kemas sendiri berbentuk boks besar yang biasanya diangkut oleh kapal barang atau truk trailer.

Barang ekspor dan impor ini sering disebut dengan komoditas. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas ekspor dan impor di Indonesia.

Seperti negara lainnya, Indonesia juga membutuhkan hasil produksi dari negara lain untuk mencukupi kebutuhannya. Misalnya, Indonesia memiliki hasil produksi berupa batu bara dan Jepang membutuhkan komoditas tersebut maka Indonesia akan mengekspor batu bara yang dihasilkannya ke Jepang.

Sebaliknya, Jepang menghasilkan produk otomotif berupa mobil dan sepeda motor yang dibutuhkan oleh Indonesia, maka Jepang mengekspor komoditas otomotif tersebut ke Indonesia.

Barang atau Komoditas Ekspor Indonesia

Indonesia memiliki banyak komoditas atau barang yang diekspor ke luar negeri. Gambar barang ekspor dan impor di Indonesia juga tak jauh berbeda dengan negara lainnya. Lalu apa saja komoditas ekspor Indonesia? Berdasarkan data yang telah saya kumpulkan dari pelbagai sumber tepercaya, ada 10 komoditas ekspor utama Indonesia, yakni produk tekstil, otomotif, elektronik, produk kayu atau hutan, karet, kopi, kakao, udang, alas kaki, dan produk sawit atau kelapa sawit itu sendiri.

Selain itu, Indonesia juga terkenal sebagai pengekspor produk furnitur, sebut saja lemari, meja, kursi, dan banyak lagi. Produk furnitur dari Indonesia cukup terkenal berkat ukir-ukiran yang unik dan bernilai seni tinggi. Selain itu, Indonesia juga banyak mengekspor pelbagai produk jadi yang memiliki nilai ekonomi atau nilai jual yang lebih tinggi dari bahan mentah.

Barang atau Komoditas Impor Indonesia

Sama seperti negara lain, Indonesia juga membutuhkan produk atau komoditi ekspor negara lain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Beberapa barang yang diimpor ke Indonesia karena hasil produksi dalam negeri tak mencukupi kebutuhan dan ada juga barang yang diimpor karena memang industri dalam negeri tak mampu memproduksinya.

Salah satu komoditas impor Indonesia adalah barang elektronik dan produk otomotif, seperti sepeda motor dan mobil. Tak hanya itu, Indonesia juga mengimpor produk elektronik yang belum diproduksi di Tanah Air, sebut saja ponsel, tablet, dan produk elektronik lainnya.

Sampai disini dulu pembahasan mengenai gambar barang ekspor dan impor di Indonesia, semoga dapat menjadi inspirasi yang bermanfaat bagi pembaca semua.

Selanjutnya : Cara Merayakan Ulang Tahun Ayah
Sebelumnya: Tips dan Cara Mengatur Pola Hidup Hemat dalam Rumah Tangga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar