Gambar dan Nama Tokoh Perumus Dasar Negara Indonesia


Anda tentu tahu siapa-siapa saja tokoh yang terlibat dalam perumusan dasar Negara Indonesia. Gambar dan nama tokoh perumus dasar negara Indonesia ini sering dimuat dan disebut-sebut dalam berbagai buku pelajaran sejarah.  Berikut tokoh-tokoh perumus dasar Negara Indonesia.

Ir. Soekarno

Ir. Soekarno yang sering juga disebut Bung Karno lahir di Jawa Timur, tepatnya di Blitar tanggal 6 Juni 1901. Saat masih muda, Bung Karno menimba ilmu di Sekolah Teknik Bandung yang sekarang berganti nama menjadi ITB. Ia kemudian mendirikan sebuah partai yang bernama PNI. Aktivitas politik Bung Karno ini sangat tidak disukai oleh Belanda sehingga ia sering keluar masuk penjara.

Drs. Moh. Hatta

Drs. Moh. Hatta atau Bung Hatta lahir pada 12 Agustus 1902 di Bukittinggi. Ia memiliki karakter yang rendah hati, sopan, jujur, dan taat beragama. Bung Hatta menimba ilmu di Sekolah Tinggi Ekonomi di Belanda. Ia wafat pada 14 Maret 1980 dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta.

Mr. Supomo

Mr Supomo lahir di Sukoharjo tanggal 23 Januari 1903. Ia pernah menimba ilmu di Europeesche Lagere School, lalu melanjutkan ke Meer Uitgebreid Larger, dan kemudian pindah ke Jakarta untuk sekolah di Rechtsschool dan mendapatkan gelar Meester In Rechten (Mr.). Mr. Supomo wafat pada 12 September 1958 dan dimakamkan di Solo.

K.H. Agus Salim

K.H. Agus Salim lahir pada 8 Oktober 1884 di Kota Gadang. Ia menguasai berbagai bahasa, seperti bahasa Prancis, Jerman, Inggris, Arab, Turki, dan Jepang. K.H. Agus Salim wafat kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

K.H. Abdul Wachid Hasyim

K.H. Abdul Wachid Hasyim lahir  pada 1 Juni tahun 1914 di Jombang. Ia merupakan putra dari seorang ulama besar pendiri Nahdatul Ulama yaitu K.H. Hasyim Asy’ari. Ia pernah menimba ilmu di beberapa pesantren. K.H. Wachid Hasyim merupakan seorang otodidak yang sellau mempelajari berbagai hal secara sendiri.

Mr. Mohammad Yamin

Mr. Mohammad Yamin lahir pada 23 Agustus 1903 di Sawahlunto. Ia mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari bergabungnya ia pada sebuah organisasi pemuda yaitu Indonesia Muda dan Jong Sumatranen Bond. M. Yamin muda selalu melakukan kritik terhadap pemerintah Belanda saat itu.

Itulah sekilas tentang gambar dan nama tokoh perumus dasar Negara Indonesia. Semoga Bermanfaat.

Selanjutnya : Dampak Kebakaran Hutan Terhadap Kelestarian Flora dan Fauna
Sebelumnya: Cara Mudah Memperbaiki TV yang Rusak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar