Gambar-Gambar Budaya Indonesia


Budaya Indonesia sangat beragam jenisnya. Budaya apakah yang Anda ketahui berasal dari Indonesia? Seperti apakah gambar-gambar budaya Indonesia sebenarnya yang Anda bayangkan?

Budaya Indonesia

Rumah adat tentu merupakan bagian dari budaya Indonesia. Rumah adat yang terkenal berasal dari beberapa daerah di Indonesia, misalnya Rumah Gadang (rumah adat Sumatera Utara), Rumah Honai (rumah adat Papua), Rumah Panggung (rumah adat Jambi), Joglo (rumah adat Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta), dan sebagainya.

Selain rumah adat, tarian adat juga merupakan kekayaan budaya Indonesia lainnya yang tak kalah banyaknya. Tarian daerah di Indonesia beraneka ragam, misalnya tari Gambyong yang berasal dari Jawa Tengah, tari Seudati berasal dari Aceh, tari Piring berasal dari Sumatera Barat, tari Kipas berasal dari Sulawesi Selatan, tari Reog Ponorogo berasal dari Jawa Timur, dan sebagainya.

Batik merupakan salah satu ciri khas budaya yang berasal dari Indonesia. Batik memang telah menjadi nilai seni yang sangat tinggi dan menjadi bagian dari budaya Indonesia.

Ketenarannya sering menjadi bahan perbincangan hangat dan bahkan saat ini telah dijadikan salah satu bahan pakaian resmi yang digunakan di berbagai perusahaan dan kantor pemerintah dan swasta. Salah satu daerah penghasil batik yang terkenal adalah Pekalongan, Cirebon, Yogyakarta, dan Bali.

Bali merupakan daerah yang terkenal dengan seni patungnya. Selain Bali, seni patung sering ditemui juga di daerah Asmat danMataram. Biasanya patung-patung tersebut memiliki uiran-ukiran yang indah dan menambah nilai estetikanya.

Seni pahat tidak jauh berbeda dengan seni patung. Seni pahat merupakan jenis seni yang dibuat dalam bentuk 4 atau 5 dimensi. Seni yang unik ini memangdapat dilihat contohnya pada kesenian wayang golek.

Hasil karya seni ini berasal dari daerah Jawa Barat. Dengan seni yang tinggi, wayang golek mampu membawa nama daerah Jabar menjadi terkenal hingga ke mancanegara.

Anyaman biasanya menggunakan bahan alami yang berupa bilah bambu, rotan, kayu, dan sebagainya. Biasanya kerajinan ini sering ditemui di daerah Kudus dan Tasikmalaya.

Ternyata gambar-gambar budaya Indonesia dalam bentuk nyata merupakan kekayaan Indonesia yang sangat tinggi nilainya. Kita pun wajib melestarikannya. Semoga bermanfaat.

 

Selanjutnya : Macam-Macam Penyakit dan Kelainan Pada Sistem Syaraf Manusia
Sebelumnya: Cara Tepat Perbanyakan Tanaman dengan Teknik Kultur Jaringan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar