Gambar-gambar Ilustrasi Beserta Ceritanya Karya Pelukis Internasional


Mungkin Anda mengira komik GI Joe dan Ninja Tales adalah bagian dari gambar-gambar ilustrasi beserta ceritanya karya pelukis internasional. Anda harus segera merevisi pandangan itu. Meskipun diproduksi di luar negeri, tapi ternyata ilustratornya adalah orang Indonesia. Siapakah dia? 

Ilustrator Chris Lie

Chris Lie, nama lengkapnya Christiawan Lie adalah ilustrator yang memproduksi serial komik, salah satunya berjudul GI Joe yang terkenal itu. Chris Lie adalah sosok yang cerdas. Dia lulus dari arsitektur ITB dan melanjutkan kuliahnya di Savannah College of Art and Design (MFA in Sequential Art; Excelsus Laureate-2006) melalui beasiswa Fulbright.

Keseharian Lie adalah sebagai komikus. Jam-jamnya dihabiskan untuk menuangkan ide cerita ke dalam bantuk gambar. Dari banyaknya proyek yang dia kerjakan, sebagian besar berasal dari luar negeri. Selain membuat komik, dia juga mengerjakan proyek mainan seperti untuk action figure, PC game, maupun game card.

Beberapa komik yang sudah berhasil dia kerjakan antara lain Return to Labyrinth, Devil’s Due, GI Joe, Ninja Tales, dan lain-lain. Dalam keterlibatannya di proyek yang berhubungan dengan permainan, Lie banyak berperan sebagai desainer konsepnya. Selama ini yang menjadi kleinnya adalah perusahaan mainan bernama Hasbro.

Perjuangan Chris Lie Menjadi Ilustrator

Tidak mudah memang meraih posisi mapan dalam bidang apa pun termasuk sebagai ilustrator yang cukup diperhitungkan seperti yang dialami oleh Lie. Pada awalnya cita-cita yang mengendap dalam dirinya adalah ingin menjadi astronot. Namun untuk mewujudkan mimpinya itu terbilang sangat sulit karena memang di Indonesia sendiri tidak ada sekolah khusus profesi itu. Akhirnya minat dan cita-citanya beralih ke profesi pelukis. Tetapi niat ini juga gagal karena tidak mendapat restu orangtuanya.

Sampai akhirnya dia memutuskan masuk arsitektur ITB yang justru dari sini mulai mengenalkannya pada dunia komik. Rasa cintanya kepada dunia ini mulai terbangun dan membuatnya bekerja keras untuk bisa mandiri dari aktifitas menggambar ini. Dan sekarang terbukti, usaha kerasnya telah membuahkan hasil. Menjadi illustrator untuk klien bertaraf internasional bukanlah prestasi remeh tapi sangat membanggakan. Dan Chris Lie menjadi salah satu sosok yang membanggakan itu.

Ternyata gambar-gambar ilustrasi ceritanya karya penulis internasional tidak tepat. Chris Lie ternyata orang Indonesia yang lekat dengan dunia gambar ilustrasi, yang menempatkannya sebagai salah satu pelukis cerita bertaraf internasional. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kata Kata Motivasi buat Mantan
Sebelumnya: Pakaian Seminar yang Baik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar