Gambar Macam-macam Jenis Gunung Berdasarkan Jenisnya


Tahukah Anda gambar macam-macam jenis gunung berdasarkan jenisnya? Mungkin banyak yang belum tahu apa saja macam-macam jenis itu. Gunung ada banyak macamnya. Setiap jenis memiliki cirinya sendiri-sendiri yang berbeda satu sama lain.

Jenis Gunung

Untuk gunung berapi, jenis-jenis gunungnya antara lain kerucut sinder, kaldera vulkanik, lubang rekahan, gunung berapi kompleks, mud vulcano, kubah lava, pyroclastic cone, pancake dome, dan lain sebagainya. Salah satu jenis gunung, yaitu kaldera merupakan fitur vulkanik yang dibentuk karena tanah yang jatuh akibat adanya letusan vulkanik.

Di Indonesia, contohnya adalah Danau Toba. Tempat itu asalnya adalah letusan gunung purba. Sering sekali kaldera ini tertukar dengan kawah vulkanik yang bentuknya memang agak mirip.

Kata kaldera dimasukkan ke dalam salah satu istilah perbendaharaan kata dalam bidang geologi. Pertama terjadi karena di tahun 1815 ada seorang ahli geologi dari Jerman yang mengunjungi salah satu kaldera.

Kemudian, ada gunung jenis stratovolcano yang juga dikenal dengan nama gunung berapi komposit. Jenis gunung ini adalah sebuah pegunungan yang tinggi dan berbentuk kerucut. Gunung jenis ini terdiri atas abu vulkanik serta lava yang telah mengeras.

Gunung berapi memiliki ciri khas, yaitu puncaknya curam sementara di kakinya landai karena lava yang menjadikan gunung ini terbentuk sangat kental. Kekentalannya terjadi karena mengandung banyak silikat, apabila telah dingin akan mengeras sebelum akhirnya menyebar sampai jauh.

Lava tersebut dimasukkan dalam kelompok asam sebab memiliki konsentrasi silikat yang tinggi. Di tempat atau ujung lainnya, spektrum tersebut merupakan gunung api pelindung yang terjadi akibat lava yang tidak begitu kental namun memiliki dasar yang kuat.

Oleh karena jenis gunung ini memiliki kemiringan yang berbeda pada bagian puncak serta kakinya, di setiap sisinya berbentuk seperti dua buah bidang konkaf atau cekung yang mengarah ke atas. Kebanyakan stratovolcano memiliki tinggi lebih dari 2500 meter.

Bentuk stratovolcano bisa dibilang mirip dengan bisul namun kadang disebut sebagai gunung berapi gabungan. Istilah stratovolcano digunakan agar bisa dibedakan dari jenis gunung berapi, sebab semua gunung berapi memiliki struktur gabungan.

Itulah beberapa jenis gunung. Semoga artikel mengenai gambar macam macam jenis gunung berdasarkan jenisnya ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Gangguan Jenis Psikotik Organik
Sebelumnya: Pentingnya Riset Pemasaran dalam Perusahaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar