Gambar Minuman Haram Beserta Hadisnya


Sebagai umat Islam yang baik, sudah sepatutnya kita mengetahui gambar minuman haram beserta hadisnya agar dapat menjauhi larangan Allah Swt.

Beberapa larangan meminum minuman haram dalam Al Quran ditegaskan melalui beberapa ayat, di antaranya:
hadis 1
hadis 2
hadis 3
Hadis Rasulullah SAW tentang minuman haram dan minuman yang memabukkan, di antaranya:
hadis 4
Dampak minuman haram menurut hadis sangat besar. Menurut cerita, seorang pemuda saleh diberikan tiga pilihan untuk melakukan kejahatan membunuh, berzina, atau minum arak. Karena berpikiran bahwa dosa yang paling kecil dari ketiga hal tersebut adalah mabuk, maka dia pun memilih minum arak. Namun, setelah minum arak kemudian mabuk serta kehilangan kesadaran, pemuda tersebut justru berzina, dan karena takut ketahuan maka ia membunuh perempuan yang dizinahinya tersebut.

Jenis-jenis minuman haram adalah semua minuman yang mengandung alkohol, seperti bir hitam, bir putih, anggur, arak, vodka, cognac, champagne, whiskey. Kecanduan minuman keras atau seorang alkoholik dapat merusak kesehatan, hancurnya kehidupan seseorang, hingga kematian. Tahun 2009 sebanyak 24.263 orang tewas di Amerika Serikat karena alkohol. Di Inggris Tahun 2010 tercatat 8790 orang tewas karena alkohol dan 2/3nya karena kerusakan hati.

Akibat minuman keras sangat jelas, yaitu kasus Afriani Susanti yang menabrak dan menewaskan sembilan orang dalam keadaan mabuk. Di Amerika Serikat tahun 2010 data menunjukkan sebanyak 10.228 orang tewas akibat kecelakaan oleh pengemudi yang mabuk.

Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, dijelaskan bahwa Islam secara mutlak mengharamkan minuman keras baik banyak atau sedikit yang diminum dan tinggi atau rendah kadar alkohol dalam minuman keras tersebut. Islam pun menolak tegas pengobatan yang menggunakan khamar.

Hadis Riwayat Tarmizi menyatakan bahwa Rasulullah melaknat dan menyatakan berdosa semua pihak yang terlibat dengan minuman keras tidak hanya yang meminumnya melainkan juga yang membuatnya, yang membawanya, yang menjualnya, yang menuangkannya, dan lain-lain.

Maka hal ini sesuai dengan hadis riwayat Thabarani tentang minuman haram yang merupakan induk kejahatan. Karena minuman keras dan mabuk semua kejahatan dilakukan. Faktanya dalam sejumlah kasus kriminal, banyak tindak kekerasan dan kejahatan dipicu oleh pelaku yang mabuk.

Semoga artikel mengenai gambar minuman haram beserta hadisnya ini semakin menguatkan keimanan kita untuk menjauhi minuman haram agar hidup kita senantiasa selamat dunia akhirat.

Selanjutnya : Jenis-jenis Olahraga Laut
Sebelumnya: Tulisan Ayat yang Menerangkan Kematian
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar