Gambar Tokoh Perumusan Dasar Negara Adalah “Pancasila”?


Dasar Negara merupakan suatu aturan teratas yang menjadi landasan dasar atau pedoman dalam pembuatan konstitusi dalam menata kehidupan suatu bangsa.

Fungsi Dasar Negara

Adapun fungsi dari dasar Negara, yaitu sebagai syarat mutlak yang harus dimiliki bagi setiap bangsa yang merdeka. Dasar Negara merupakan pedoman dalam merealisasikan cita-cita bangsa, dan sebagai akar pokok dari konstitusi suatu bangsa. Berikut ini akan dijelaskan siapa gambar tokoh perumusan dasar negara adalah presiden atau rakyat?

Sebagai anak bangsa, siapa yang tidak mengenal Pancasila dengan lambang Garudanya yang gagah perkasa. Dasar Negara Indonesia  yang berasaskan bhineka tunggal ika ini merupakan buah mufakat dari kesepakatan para pahlawan perjuangan kemerdekaan. Kelima asas dalam Pancasila seakan menjadi pedoman dan pondasi yang kokoh untuk membangun bangsa.

Bangsa Indonesia dikenal dengan berbagai keanekaragamannya. Ini sesuai dengan tulisan Bhineka Tunggal Ika pada lambang Garuda. Kata-kata tersebut bukan berarti tanpa makna.

Akan tetapi, mencerminkan wajah dan keadaan bangsa Indonesia. Perbedaan bukanlah jurang pemisah antarsesama. Meski berbeda agama, suku, bahasa, dan budaya, tapi tetap satu jua, penuh jiwa kesatuan dan persatuan.

Nama Pancasila yang ada  sekarang ini awalnya bermula dari nama Piagam Jakarta yang merupakan buah dari sidang BPUPKI (Badan Penyelidik  Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Badan ini menetapkan lima asas dasar Negara yang terdiri dari asas Ketuhanan, kemanusiaan yang bersifat adil dan juga beradab, Persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin secara hikmat dan kebijaksanaan dalam bentuk permusyawaratan perwakilan, dan keadilan sosial untuk seluruh bangsa Indonesia.

Sudah sepatutnya bangsa ini berterima kasih atas jasa perjuangan para pahlawan dahulu yang berjuang keras merebut kemerdekaan dan menciptaka dasar Negara sebagai tanda bangsa yang telah merdeka.

Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Muh.Yamin, Achmad Soebarjo, A.A. Maramis, Abdul Kahar Muzakkir, Wachid Hasjim, H. Agus Salim, dan Abikusno Tjokrosoejoso adalah sebagian pahlawan yang berperan penting dalam perumusan dasar Negara Indonesia.

Peranan tokoh di atas sangatlah penting dalam sejarah bangsa ini dalam mewujudkan dasar Negara Indonesia. Sumbangsih jiwa, raga, dan pikirannya adalah jasa besar bagi bangsa ini.

Sudah menjadi kewajiban kita sebagai warga bangsa ini untuk dapat menjaga dan melaksanakan amanah yang tertuang dalam Pancasila sebagai dasar Negara. Jadi, sudah tahu sekarang gambar tokoh perumusan dasar negara adalah tokoh-tokoh tersebut.

Selanjutnya : Mencoba DNS Speedy untuk Kota Ambon
Sebelumnya: Simpanan Kata-Kata Bijak tentang Ketekunan dan Kesabaran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar