Gambar Tumbuhan Dikotil Dan Monokotil Beserta Keterangan


Apakah Anda pernah menemukan gambar tumbuhan dikotil dan monokotil beserta keterangan? Tumbuhan dikotil adalah tumbuhan dengan biji berkeping satu, sedangkan monokotil adalah tumbuhan dengan biji berkeping dua.

Di bawah ini akan dibahas mengenai gambar anatomi batang tumbuhan dikotil dan monokotil beserta keterangan secara jelas. Secara detail akan diulas secara khusus batang masing-masing tumbuhan tersebut sesuai gambar.

Ciri-ciri batang tumbuhan monokotil adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki kambium. Kambium adalah zat sejenis getah yang dapat membuat batang tumbuhan tumbuh dan membesar, sehingga batang mampu bertambah lebar dan bertambah tinggi. Kambium juga terdapat pada akar tumbuhan monokotil ini.
  2. Secara fisik, batang tumbuhan bentuknya bercabang-cabang serta kuat.

ciri-ciri tumbuhan dikotil adalah sebagai berikut:

  1. Tidak memiliki kambium. Berbeda dengan tumbuhan monokotil, tumbuhan dikotil tidak memiliki kambium sehingga batang tidak bisa bertambah lebar atau membesar, hanya bisa bertambah tinggi.
  2. Secara fisik, batang dari tumbuhan dikotil tidak bercabang.
 gambar tumbuhan dikotil dan monokotil beserta keterangan

gambar tumbuhan dikotil dan monokotil beserta keterangan

Keterangan:

1. Phloem: sebuah struktur tubular yang terdapat di akar, batang maupun daun. Tugasnya adalah mengangkut nutrisi dan makanan keseluruh bagian tumbuhan.

Phloem dapat menyebarkan makanan ke dua arah, ke atas dan ke bawah. Oleh karenanya, Phloem menyebarkan nutrisi dan makanan dari bagian atas tumbuhan, karena makanan dihasilkan di daun, kemudian dibawa kebagian bawah tumbuhan.

2. Xylem: juga berada di akar, batang dan daun yang bertugas menyebarkan air keseluruh bagian tumbuhan. Air didapatkan oleh akar, oleh karenanya xylem mengangkut air dari bagian bawah tumbuhan ke bagian atas tumbuhan. Xylem hanya bisa berjalan ke satu arah saja, yaitu ke atas.

3. Epidermis: Lapisan jaringan tipis yang menutupi bagian dalam organ. Epidermis tidak mempunyai klorofil.

4. Ground Tissue System: merupakan jenis jaringan sederhana dalam tumbuhan.

5. Vascular Bundle: bagian dari sistem transportasi yang dijalankan oleh phloem dan xylem.

6. Kambium: sebuah lapisan jaringan yang tugas selnya adalah melakukan pembelahan sel secara terus-menerus dan hanya terdapat pada bagian batang dan akar tumbuhan dikotil.

Demikianlah penjelasan mengenai gambar tumbuhan dikotil dan monokotil beserta keterangan. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

 

Selanjutnya : Sejarah Serta Tahun Selesai Berdirinya Monumen Nasional
Sebelumnya: Langkah-langkah Berjilbab Jaman Sekarang ala Dian Pelangi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar