Kinerja Garuda Air Lines dari Dahulu Sampai Sekarang

Kinerja Garuda Air Lines dari dahulu sampai sekarang dapat dilihat dari kronologi sejak mulai dibentuknya Garuda Indonesia hingga perkembangannya saat ini. Berikut ini adalah sepak terjang Garuda Indonesia dari masa ke masa.

Pendirian Perusahaan

Loading...

Rakyat Aceh mengumpulkan dana sumbangan untuk membeli pesawat maskapai Indonesian Airways yang diberi nama Seulawah. Makna dari Seulawah ini adalah Gunung Emas, nama ini berasal dari nama gunung di Aceh. Harga pesawat tersebut adalah 120 ribu dolar Malaya atau setara dengan emas 20 kg. Seulawah terbang dari Yogyakarta ke Jakarta pada 26 Januari 1949. Tanggal tersebut kemudian diperingati sebagai kelahiran Garuda Indonesia.

Garuda Indonesia didirikan sebagai perusahaan patungan antara masakapai asal Belanda  Koninklijke Luchtvaart Maatschappij (KLM) dengan Pemerintah Indonesia. Proporsi saham yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia adalah sejmlah 51%. KLM mengelola Garuda Indonesia selama 10 tahun pertama. Namun berkenaan dengan kebijakan nasionalis, maka pada tahun 1953, KLM harus menjual sebagian saham kepada pemerintah Indonesia.

Pendirian maskapai ini dibantu juga oleh pemerintah Burma. Maka dari itulah sebagai balas budi, ketika dilakukan peresmian maskapai pada 31 Maret 1950, satu pesawat DC-3 disumbangkan oleh maskapai ini untuk pemerintah Burma. Jumlah pesawat yang dimiliki Garuda Air Lines ketika baru didirikan adalah sebanyak 27 pesawat. Jumlah tersebut meningkat menjadi 46 pesawat pada tahun 1953. Rute untuk mengantar jemaah haji pun dibuka pada tahun 1956.

Perkembangan Perusahaan baclofen online canada order baclofen cheap baclofen order baclofen online dapoxetine available in dubai dapoxetine dosage side effects dapoxetine drug algerie dapoxetine buy online uk. dapoxetine hong kong dapoxetine 60 mg cheap dapoxetine buy dapoxetine us dapoxetine in australia  buy estrace cream online no prescription . ethinyl estradiol buy ethinyl estradiol cost canada zyvox estradiol 2mg tablet and pregnancy diane 35 cyproterone  buy baclofen baclofen buy uk buy baclofen online zoloft is used for treating depression or obsessive-compulsive disorder (ocd). cost of zoloft 100mg . up to 70% off rx drugs. buy zoloft ! no prescription mail order

Kemajuan pesat dari maskapai ini diraih pada tahun 1960an. Maskapai ini membeli pesawat Electra, Lockheed L-188C dan Turboprop pada tahun 1961. Kemudian rute terbang ke Jepang pun dibuka menggunakan pesawat L-188. Tiga pesawat jet dengan tipe Convair 990A dibeli pada tahun 1964, masing-masing dinamai dengan tiga nama kerajaan besar, yaitu Sriwijaya, Majapahit dan Pajajaran. Rute penerbangan lintas benua pun dibuka menggunakan pesawat tersebut, yaitu dari Jakarta ke Amsterdam dengan transit di Medan, Bombay, Beirut dan Roma. Beberapa pesawat kembali dibeli setelah itu, di antaranya adalah Douglas DC-8 dan Fokker F27.

Garuda Indonesia terus membeli pesawat tambahan di dekade berikutnya. Pada tahun 1970an, pesawat yang dibeli adalah Fokker F27, Fokker F28, McDonnell-Douglas DC-9, dan McDonnell Douglas DC-10-30. Kemudian pada tahun 1980an, Boeing 747-200 mulai dibeli untuk melayani rute ke Amerika Serikat dan Eropa.

Masa Sulit

Krisis yang melanda Asia Tenggara pada tahun 1997 pun turut berdampak pada Garuda Indonesia. Ditambah lagi dengan musibah kecelakaan yang terjadi di Fukuoka, Jepang dan Sibolangit, Sumatera Utara. Rute penerbangan ke Amerika Serikat dan Eropa pun ditutup hingga memasuki tahun 2000an. Di tahun tersebut pula, Garuda mendirikan anak perusahaan yang diberi nama Citilink. Maskapai tersebut melayani penerbangan domestik di wilayah Indonesia.

Kebangkitan Garuda

Pada tahun 2010, rute Eropa kembali dibuka dan disusul oleh rute negara-negara Eropa lainnya. Perusahaan ini mulai terdaftar di bursa saham sejak 11 Februari 2011. Sebesar 10,9% saham dibeli oleh CT Corp pada 27 April 2012. Kinerja Garuda pun mengalami peningkatan 21 kali lipat pada semester pertama tahun 2012 jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2011. Maskapai ini pun bergabung dalam SkyTeam pada 5 Maret 2014.

Demikianlah ulasan mengenai kinerja Garuda Air Lines dari dahulu sampai sekarang.

Loading...
Selanjutnya : Tips Mempercepat Download Tanpa Sofware
Sebelumnya: Pengertian Implikasi dan Negasi dalam Matematika
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar