Gas-Gas Yang Dihasilkan Oleh Industri dan Kendaraan Bermotor


Polusi udara adalah masalah utama bagi warga ibukota. Gas-gas yang dihasilkan oleh industri dan kendaraan bermotor kerap membuat sesak pernafasan dan menutupi jarak pandang para pengguna jalan raya.

Kota Jakarta, meski berada di bawah Singapura dalam hal pencemaran udara, menjadi kota yang udaranya paling banyak mengandung gas-gas buangan berbahaya. Jika dibiarkan terlalu lama tanpa ada tindakan antisipasi dari pemerintah dan mereka yang peduli terhadap lingkungan, akan ada banyak korban yang berjatuhan. Penyakit saluran pernafasan hingga kanker akan datang dalam waktu yang relatif cepat.

Jenis-jenis Polutan

Gas-gas yang menyumbang polusi udara tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya. Mereka sering disebut sebagai polutan.

  1. CO (Karbon Monoksida). Gas ini tidak berbau, tidak berwarna, namun bersifat racun. Bahan bakar fosil yang tidak terbakar sempurna menimbulkan gas ini seperti gas buangan kendaraan bermotor.
  2. Pb (Timbal). Logam berat ini biasa digunakan orang untuk bisa meningkatkan pembakaran pada kendaraan bermotor. Timbal oksida berbentuk partikel debu sebagai hasil buangannya sering terhirup oleh masyarakat di kota-kota besar.
  3. Jelaga. Gas hasil buangan cerobong asap pabrik berwarna hitam pekat ini sering dihirup oleh masyarakat yang tinggal dekat pabrik. Kebanyakan masyarakat mengeluhkan batuk akibat menghirupnya yang jika dibiarkan bisa menyebabkan kanker pada paru-paru.
  4. NO2 (Nitrogen Dioksida). Di antara semua gas polutan, gas ini yang paling beracun. NO2 biasa dihasilkan knalpot kendaraan bermotor, pembakaran batu bara pabrik, dan pembangkit energi listrik.
  5. CO2 (Karbon Dioksida). Ketika bernafas, manusia mengeluarkan gas buangan ini. Begitu juga dengan kendaraan bermotor dan pabrik, bahan bakarnya mengalami pembakaran sempurna berupa CO2. Jika terjadi kebakaran hutan seperti di hutan Kalimantan beberapa waktu lalu, gas ini beterbangan di udara secara masif.
  6. HC (Hidro Karbon). Gas ini dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar bensin yang tidak sempurna.
  7. SO2 (Sulfur Dioksida). Gas yang tidak berwarna dan berbau tajam ini dihasilkan oleh pembakaran sulfur yang tidak sempurna pada batubara untuk bahan bakar pabrik dan pembangkit tenaga listrik.

Gas-gas yang dihasilkan oleh industri dan kendaraan bermotor ini memang sulit dikenali, namun ada baiknya jika masing-masing dari kita bisa menggunakan masker kemanapun pergi di wilayah ibukota.

Selanjutnya : Mengenal Lembaga DPR RI
Sebelumnya: Potongan Sayuran Cube
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar