Gas yang Terdapat di Atmosfer dan Fungsinya


Atmosfer adalah lapisan gas yang mengelilingi bumi dan terdiri dari empat lapisan. Bersama dengan bumi membuat sistem unik yang mengalami hukum dinamika kosmik dan planetar.

Lapisan gas bumi dan bumi itu sendiri milik dari tata surya dan mengelilingi matahari. Adapun gas yang terdapat di atmosfer dan fungsinya yang khas adalah campuran mekanis, bukan senyawa kimia. Ada banyak proses di atmosfer yang sangat penting bagi kehidupan di bumi secara keseluruhan.

Nitrogen, gas inert ini memiliki kepentingan besar bagi kehidupan di bumi. Di bawah pengaruh nitrogen akan teralirkan listrik mengikat oksigen dan hidrogen. Oksigen adalah gas yang sangat aktif yang memungkinkan pernapasan dan melindungi bumi dari radiasi matahari. Oksigen dibentuk oleh fotosintesis tanaman dan terus diperbaharui.

Karbon dioksida memiliki beberapa bagian penting bagi bumi. Meskipun dalam persentase kecil, melindungi bumi dari radiasi inframerah matahari. Ozon hadir dalam konsentrasi rendah di atmosfer dan dibentuk oleh debit atmosfer. Argon tidak penting khususnya untuk proses di atmosfer.

Selain udara, atmosfer terdiri dari partikel atau aerosol yang memainkan peran penting dalam peristiwa di atmosfer dan yang berfungsi sebagai inti kondensasi uap air sekitar yang masuk ke dalam keadaan cair atau padat. Uap air datang ke atmosfer oleh penguapan air dari bumi. Jumlahnya sangat berubah. Hal ini sebagian besar hadir di lapisan bawah udara. Atmosfer tidak unik atau homogen.

Menurut peraturan termikal, komposisi gas dan beberapa sifat listrik, itu dibagi menjadi lima bidang: troposfer -0-11 km adalah lapisan terendah atmosfer dengan kepadatan tertinggi. Hampir semua uap air di troposfer. Semua proses yang secara langsung memengaruhi cuaca dan iklim di bumi dilakukan dalam bidang ini.

Stratosfer -11-40 km, membentang di atas troposfer sampai naik pada 40 km. Di sini, tidak ada gerakan vertikal udara, hanya horisontal. Mesosfer -40-80 km. Suhu berkurang dengan ketinggian di mesosfer. Pada posisi ini terdiri dari jumlah besar gas ozon. Karena itu, ozon berfungsi sebagai lapisan pelindung dari radiasi UV.

Termosfer -80-800 km. Ini adalah lapisan tertinggi atmosfer. Suhu meningkat dengan ketinggian sangat cepat dalam termosfer. Mereka bisa mencapai 2.000 C di siang hari, dan pada malam hari mereka menurun sampai 1.000 C. Nah itulah gas yang terdapat di atmosfer dan fungsinya.

Selanjutnya : Larangan Menggunakan Hp di Pesawat
Sebelumnya: Tugas Tulang Punggung Atas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar