Gaya Gravitasi untuk Anak-anak


Bagaimana cara memberi penjelasan tentang gaya gravitasi untuk anak-anak? Mungkin di antara kita pernah mengalami kejadian di mana anak-anak sering menanyakan hal sederhana yang tidak mereka mengerti, tetapi dalam menjelaskannya membutuhkan teori rumit yang apabila dijelaskan akan membuat mereka semakin tidak mengerti.

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan mereka adalah tentang gaya gravitasi. Dalam menjawab pertanyaan tersebut, biasanya para orangtua akan memberikan jawaban diplomatis seperti, “Kamu akan tahu setelah kamu besar”. Sebenarnya dalam menjelaskan tentang gaya gravitasi untuk anak-anak dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana, tanpa harus menyertakan teori rumit yang akan membuat mereka semakin bingung.

Apa Itu Gaya Gravitasi?

Gaya gravitasi adalah gaya berat suatu benda yang disebabkan adanya tarik-menarik antara Matahari dengan Bumi dan anggota tata surya lainnya. Gaya gravitasi sering juga disebut dengan gaya tarik Bumi.

Bukti adanya gaya tarik Bumi adalah apabila kita melempar benda ke atas, pasti akan jatuh kembali ke bawah. Meski benda tersebut mengandung gas, seperti contohnya balon udara, namun setelah beberapa waktu pasti akan kembali jatuh menyentuh tanah.

Manfaat adanya gaya grafitasi bagi kehidupan manusia sangat besar. Dengan adanya gaya tarik Bumi tersebut, maka kehdupan di Bumi berjalan dengan baik dan benar. Karena berkat gaya tarik Bumi, manusia dapat berjalan dan beraktivitas sehari-hari dengan semestinya.

Coba bayangkan jika seandainya tidak ada gaya gravitasi, maka semua hal di Bumi akan melayang ke luar angkasa. Jika manusia di Bumi melempar sesuatu ke atas, maka akan terus menuju arah langit lalu hilang selamanya entah ke mana.

Tips Menjawab Pertanyaan Seputar Gaya Gravitasi

Dalam menjawab setiap pertanyaan anak, ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh orangtua agar anak tersebut mengerti dan tidak bertanya lebih lanjut serta berulang. Berikut adalah tips menjawab pertanyaan rumit dari anak-anak.

  1. Biarkan si anak menyelesaikan terlebih dahulu semua pertanyaan yang ingin ia tanyakan.
  2. Menjawab secara diplomatis tetap diperlukan, demi menghindari pertanyaan ‘imajinasi’ dari si anak.
  3. Akan lebih baik jika menjelaskan sesuatu yang ilmiah disertai dengan alat peraga sehingga membuat anak lebih fakus pada jawaban dari pertanyaannya.

Dalam memberikan penjelasan tentang gaya gravitasi untuk anak-anak memang tidak mudah, apalagi jika anak tersebut adalah anak dengan sifat ingin tahu yang besar. Sebagai orangtua, menjawab setiap pertanyaan anaknya yang telah beranjak dewasa memang sebuah kebutuhan karena akan memberikan motivasi kepada si anak agar mau belajar dengan baik, sehingga kelak menjadi orang dewasa yang serba tahu seperti orangtuanya.

Selanjutnya : Tehnik Menyambung Tanaman Kopi
Sebelumnya: Alat-alat Membuat Manga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar