Gejala Pembengkakan Kelenjar Limfa


Sistem limfa terdiri dari kelenjar limfa yang dihubungkan oleh saluran yang tersebar di seluruh tubuh. Bagian dari sistem limfatik yang bertanggung jawab untuk transportasi cairan interstitial (cairan berada di luar sel). Sistem limfatik adalah pemain utama dalam respons tubuh terhadap bahan asing. Adapun, gejala pembengkakan kelenjar limfa adalah gejala yang terjaditerletak di bawah dagu, di ketiak, dan di selangkangan.

Kelenjar Limfa Bengkak dan Pengobatannya

Dalam kebanyakan situasi, kelenjar limfa yang bengkak muncul secara sekunder pada infeksi yang sudah diamati, seperti flu. Kelenjar limfa juga bisa menjadi bengkak setelah terpotong atau terbakar, dan memungkinkan infeksi berlangsung. Kelenjar limfa yang terletak lebih dalam tubuh kadang-kadang menjadi bengkak, tapi tidak secara bisa langsung terlihat. Apapun bisa menyebabkan masalah jika ada blok pada salurandrainase kelenjar. Dalam situasi ini, daerah yang dilayani oleh saluran tersebut menjadi bengkak. Ini biasanya merupakan tanda pertama bahwa kelenjar limfa yang terletak di bagian dalam tubuh bengkak.

Dalam kebanyakan situasi cara untuk mengobati kelenjar bengkak adalah untuk membantu tubuh melawan apapun yang menginfeksi kelenjar limfa untuk memulainya. Ini mungkin termasuk minum antibiotik atau obat antivirus dan tentu saja lebih banyak konsumsi air putih, dan tingkat gizi dipertahankan, karena semua itu penting untuk berfungsinya sistem kekebalan tubuh.

Penyebab paling berbahaya dari kelenjar limfa uang bengkak, adalah kanker. Ada tiga jenis kanker yang secara langsung akan menyebabkan pembengkakan kelenjar. Dua yang pertama disebabkan oleh kanker limfosit dalam kelenjar bengkak. Jenis kanker dan disebut penyakit hodgkin dan limfoma non-hodgkin. Bahkan, limfoma non-hodgkin dapat menjadi salah satu dari enam belas kanker yang berbeda.

Jenis terakhir dari kanker ini yang dapat menyebabkan gejala pembengkakan kelenjar limfa adalah tumor sekunder. Hal ini terjadi ketika sel-sel dari kanker lain putus dari tumor dan perjalanan melalui sistem limfa dan bersarang di kelenjar limfa dan tumbuh di sana. Kanker jenis ini berbeda dari limfoma di bahwa tumor yang ditemukan di kelenjar limfa akan terdiri dari jenis yang sama sel-sel ditemukan dalam tumor primer, bukan dari limfosit. Pengobatan untuk kanker meliputi radioterapi, kemoterapi, dan pembedahan.

Selanjutnya : Tenaga Kerja Wanita Di Luar Negeri
Sebelumnya: Khasiat dari Obat Cina Pien Tze Huang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar