Kenali Gejala Terserang Chikungunya

Kenali gejala terserang Chikungunya lebih baik akan memberikan perlindungan efektif kepada anggota keluarga. Anak-anak tetap tumbuh sehat dan berkembang optimal dengan keceriaannya yang riang. Meskipun begitu, ada baiknya orangtua selalu waspada dengan penyakit Chikungunya yang kadang kurang terdeteksi. Mari telusuri apa saja yang berkaitan dengan Chikungunya. Meskipun tidak terlalu berbahaya, penyakit ini tetap saja mengganggu kesehatan. Oleh karena itu, orangtua harus memahami bagaimana cara mendeteksinya.

Penyakit Chikungunya

Loading...

Sebagian orangtua mungkin belum begitu kenal dekat dengan salah satu penyakit yang disebabkan Alphavirus. Virus ini masih dalam golongan Togaviridae, semacam virus yang penularannya melalui gigitan nyamuk Aedes Albopictus dan nyamuk yang menularkan sakit DB yakni Aedes Aegypti. Jangan khawatir, penyakit Chikungunya tidak berisiko mematikan dibanding sakit DBD (Demam Berdarah Dengue).

Virus ini bisa menyerang siapa saja mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Selain itu juga bisa menjangkiti binatang seperti kera maupun burung. Penyakit Chikungunya ditemukan merebak di wilayah India, Afrika, dan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Gejala Chikungunya

Berikut gejala terserang Chikungunya yang biasa terjadi:

  • Kulit tampak kemerah-merahan seperti ruam
  • Mengalami demam tinggi sampai 5 hari lamanya (sering disebut demam 5 hari)
  • Mata memerah serta diikuti gejala flu
  • Linu pada persendian yang diikuti rasa pegal-pegal serta nyeri berkelanjutan
  • Terjadi pembesaran kelenjar bening
  • Terkadang timbul rasa mual dan muntah
  • Timbul rasa sakit pada sendi dan otot

Biasanya gejala nyeri otot maupun sendi yang menyerang hebat sehingga menimbulkan kelumpuhan sementara waktu. Kaki tidak memiliki kekuatan untuk dipakai menopang dan berjalan.

Bagaimana cara menyembuhkan sakit Chikungunya yang dikenal belum ditemukan obat antivirusnya? Cukup mudah, kok. Dalam upaya memulihkan kondisi fisik, setidaknya penderita harus disiplin dalam :

  1. Beristirahat yang cukup
  2. Mengonsumsi makanan yang bergizi
  3. Perbanyak minum air putih
  4. Bisa diberikan obat penurun panas (parasetamol) untuk penurun panas maupun pereda rasa nyeri.
  5. Jangan melakukan aktivitas berat, sebaiknya difokuskan untuk kesembuhan total

Dengan melakukan cara di atas, penderita biasanya akan sembuh dalam waktu sepekan lantaran penyakit Chikungunya bersifat self limiting disease. Bagaimanapun juga, gejala terserang Chikungunya bisa diantisipasi dengan pemberian vaksin serta memutus siklus penularan nyamuk.

Demikian informasi mengenai gejala terserang Chikungunya. Semoga bisa bermanfaat dalam menjaga serta melindungi kesehatan keluarga tercinta.

Loading...
Selanjutnya : Penampakan Makhluk Misterius
Sebelumnya: Gejala Penyakit Tanaman Oleh Virus Gemini yang Dibawa Hama Thrips
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar