Kondisi Sosial dan Geografis Benua Afrika


Bagaimana kondisi geografis Benua Afrika? Afrika adalah benua terbesar kedua dunia setelah Asia dan sering mendapat julukan benua hitam, karena sebagian besar penduduk asli Benua Afrika merupakan orang berkulit hitam atau negro. Kemungkinan besar hal ini dipengaruhi oleh kondisi alamnya yang kering terutama pada bagian selatan dan utara.

Kondisi Benua Afrika

Benua hitam ini tergolong unik, sebab daerahnya dilintasi sebanyak tiga garis lintang utama yaitu lintang balik selatan, lintang balik utara serta lintang khatulistiwa. Sebagian wilayahnya berupa gurun dan dataran tinggi. Gurun yang ada di utara biasanya lebih rendah dibanding gurun yang ada di sebelah selatan.

Gurun di bagian utara ini dinamakan Gurun Sahara. luas keseluruhannya mencapai lebih dari 9 juta kilometer persegi. Bentangannya mulai dari Senegal di sebelah barat hingga Kenya di bagian Timur. Sedangkan gurun selatan dinamakan Gurun Namibia dan Gurun Kalahari.

Selain itu geografis Benua Afrika juga banyak terdapat danau dan sungai besar. Misalnya Danau Victoria yang luasnya sekitar 69,5 kilometer persegi dan tercatat sebagai danau paling besar di daerah tersebut. Danau lain yang ukurannya tidak kalah besar yaitu Danau Mobutu, Danau Chad, Danau Mobutu dan sebagainya.

Sedangkan sungai Nil yang ada di Mesir merupakan sungai yang punya ukuran paling panjang, mencapai 6.500 kilometer. Sungai lain yang juga sangat terkenal adalah Sungai Orange, Sungai Kongo, Sungai Niger dan Sungai Zambesi.

Benua Afrika juga dikenal punya koleksi binatang atau fauna yang tersebar di berbagai wilayah dan tempat, terutama jenis mamalia. Yang paling khas antara lain gajah, kuda nil. Jerapah, badak dan lainnya. Binatang seperti ini juga bisa dijumpai di benua Asia, namun di Afrika punya ukuran yang lebih besar.

Kondisi Sosial Benua Afrika

Jumlah penduduk Afrika saat ini kurang lebih 861 juta dan sebagaimana yang telah disebutkan di atas, jumlah populasi terbesarnya punya kulit berwarna hitam. Namun selain itu ada warga lain yang merupakan keturunan Arab, Eropa, Asia dan Berber.

Penduduk berkulit hitam banyak yang tinggal di daerah Gurun Sahara sebelah selatan. Kemudian bagian utara lebih banyak didiami warga keturunan Berber dan Arab. Sedangkan keturunan dari Eropa sebagian besar tinggal di daerah Afrika Selatan.

Penduduk asli Afrika terdiri dari berbagai macam suku. Yang paling besar misalnya suku Pigmy yang tinggal di daerah Zaire. Kemudian ada suku Bushman, Hatentot dan Zhun yang mendiami Gurun Kalahari.

Sedangkan suku Sahrawi, Tuareg dan Negroid banyak yang menetap di daerah Gurun Sahara. Di Benua Afrika ini banyak yang memakai bahasa Arab, Hausa dan Swahili. Namun selain itu ada sekitar 800 bahasa daerah yang digunakan.

Selanjutnya : Nenek Moyang Orang Papua
Sebelumnya: Rahasia Negosiasi Gaji Saat Interview
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar