Fenomena Gerhana Bulan Bintang Matahari

Gerhana merupakan peristiwa alam yang terjadi dalam kurun waktu tertentu. Bila kita bisa menyaksikan gerhana, akan sangat indah, terutama bila gerhana bulan dan gerhana matahari total. Gerhana bulan dan gerhana matahari mempunyai proses kejadian yang berbeda. Ulasan mengenai gerhana bulan bintang matahari kali ini akan menunjukkan perbedaan di antara keduanya.

Gerhana, baik itu gerhana matahari ataupun gerhana bulan, dan bahkan gerhana bintang, dalam hal ini tidak bisa diprediksi. Namun, bila terjadi gerhana, kita bisa melihatnya dari bumi. Gerhana bisa terjadi kapan saja, bisa saja pagi dan siang hari, atau bahkan malam dan dini hari. Bila terjadi pada waktu siang, biasanya akan disertai dengan awan mendung, terutama saat gerhana matahari.

Loading...

Keindahan pada saat terjadinya gerhana baik itu gerhana matahari, bulan, ataupun planet adalah posisi antara bulan, matahari, dan bumi yang terletak pada satu garis. Posisi yang demikian ini membentuk seperti cincin besar di langit disertai dengan kilauannya yang halus. Momen terjadinya gerhana ini banyak diabadikan oleh orang-orang, sehingga pada saat gerhana banyak yang merekamnya.

Gerhana Matahari

Gerhana matahari ini terjadi pada saat posisi bulan berada di antara bumi dan matahari. Posisi ketiga benda luar angkasa tersebut membuat seluruh cahaya matahari tertutup sebagian. Cahaya tersebut tertutup karena dihalangi oleh bulan. Meskipun bulan berukuran lebih kecil tetapi bayangannya bisa melindungi cahaya matahari. Gerhana matahari ini terdiri atas tiga jenis, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin.

Gerhana Bulan

Gerhana bulan ini terjadi pada saat sebagian atau seluruh penampang di bulan tertutup dengan bayangan bulatnya bumi. Gerhana bulan terjadi dengan posisi bumi ada di antara bulan dan matahari dan berada dalam satu garis lurus. Posisi yang demikian membuat cahaya matahari tidak bisa mencapai bulan sepenuhnya dan terhalang dengan bumi kita. Sama seperti gerhana matahari, gerhana bulan juga terdiri atas beberapa jenis, yaitu gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian, dan gerhana bulan penumbra.

Itulah beberapa gerhana yang terjadi di alam semesta dan tidak bisa diprediksi kapan terjadinya. Jika terjadi gerhana, sebaiknya Anda menyaksikannya sendiri, karena jarang sekali terjadi. Nikmati keindahan cincin yang terbentuk dari gabungan ketiga benda langit tersebut. Demikian ulasan singkat mengenai gerhana bulan bintang matahari. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Metode Analitik Senyawa Asam dan Basa
Sebelumnya: Porsi Bahan Bakar pada Mesin Mobil Escudo 2000 Injection
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar