Fenomena Gerhana Bulan

Sebagai salah satu fenomena alam, gerhana bulan menjadi salah satu gejala alam yang sering dijumpai di Indonesia. Tidak hanya itu, di Indonesia pun sering terjadi gerhana matahari, namun biasanya hanya beberapa lokasi saja yang bisa melihat fenomena gerhana matahari dengan jelas.

Dibandingkan dengan fenomena gerhana matahari yang tidak boleh dilihat dengan mata telanjang, maka gerhana pada bulan bisa dilihat tanpa alat bantu sama sekali karena tidak berbahaya.  Ketika melihat gerhana, umat Islam dianjurkan untuk melakukan shalat gerhana (khusuf).

Ada banyak faktor yang membuat masyarakat kesulitan melihat gerhana, salah satunya karena faktor cuaca yang tidak menentu. Prediksi cuaca sekalipun bisa salah memperkirakan cuaca. Sering kali saat gerhana tiba, gerhana menjadi tidak bisa diamati karena tertutup mendung atau hujan. Selain itu faktor tempat juga memengaruhi. Gerhana yang dapat diamati di kota A belum tentu bisa diamati juga di kota C.

Fenomena gerhana bisa terjadi karena beberapa hal. Untuk gerhana yang terjadi pada bulan, saat itu bumi terletak di antara matahari dan bulan. Letak ketiganya yang berada dalam satu garis lurus membuat bumi menjadi penghalang bulan untuk mendapatkan sinar matahari.

Gerhana yang terjadi pada bulan dapat dibagi menjadi tiga, yaitu total, sebagian, dan penumbra. Untuk gerhana total, posisi bulan yang sejajar dengan bumi dan matahari terletak tepat di bagian umbra atau bayangan inti. Gerhana sebagian terjadi ketika bagian bulan yang dihalangi bumi tidak seluruhnya sehingga posisi bulan tidak pada bagian umbra, melainkan penumbra. Posisi tersebut memungkinkan sinar matahari tetap mencapai bagian bulan, walaupun tidak sepenuhnya ditangkap dan hanya di bagian permukaan.

Gerhana penumbra terjadi ketika posisi bulan ada di bagian penumbra. Bulan pun tetap dapat dilihat, namun cahayanya redup dan tidak terang karena tidak menerima sinar matahari secara maksimal.
Gerhana bulan memang masih menjadi sesuatu yang diminati hingga sekarang. Bahkan beberapa hari sebelum kemunculannya, berita tersebut sudah menyebar di berbagai macam jejaring sosial dan media elektronik lainnya.

Loading...
Selanjutnya : Tenaga Air Pembangkit Listrik
Sebelumnya: Bentuk Perwujudan Cinta Terhadap Allah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar