Gorila Tidak Buas – Si Kera Besar yang Pemalu

Di antara keluarga kera yang ada di dunia, gorila termasuk kera yang berukuran sangat besar. Ukuran tubuh gorila yang besar dan tampangnya memang terlihat seram. Namun, gorila tidak buas, justru gorila termasuk binatang yang sangat pemalu dan tidak berbahaya.

Gorila hanya akan agresif ketika ada bahaya yang mengancamnya. Tubuhnya akan menegak, dari mulutnya akan keluar lolongan yang sangat kencang hingga memekakkan telinga. Kedua tangannya akan menepuk dada dengan keras. Tujuannya untuk menakuti lawan yang sedang menyerangnya.

Kera besar ini sangat senang berada di bawah matahari saat siang hari. Mereka akan bersantai atau asyik mencari makanan. Gorila memang berbeda dengan kera lainnya yang umumnya senang memanjat. Gorila hanya akan memanjat pohon apabila hendak tidur. Ketika malam tiba, gorila biasanya lebih banyak berbaring di atas ranting-ranting yang sudah disiapkannya.

Pemakan Tumbuhan

Tubuhnya gorila memang sangat besar dan tampangnya seram. Hewan ini termasuk jenis primata terbesar di dunia. Gorila adalah binatang yang sangat menakjubkan. Bertubuh besar dan pemakan tumbuhan (vegetarian murni yang hanya mengonsumsi daun-daunan dan kulit kayu saja) yang tidak berbahaya. Gorila tidak buas. Mereka justru senang hidup berdampingan dengan sesamanya.

Gorila merupakan binatang yang sangat cerdas. Kemampuan otaknya bahkan disebut mirip dengan manusia. Sayangnya, populasi gorila di dunia ini hampir punah. Banyak manusia yang memburu mereka. Habitat mereka pun terancam punah.

Ayo, Selamatkan Gorila

Banyak orang-orang menyangka bahwa binatang gorila adalah termasuk binatang buas seperti singa dan harimau. Padahal gorila justru sangatlah jinak dan senang  hidup berdampingan dengan manusia. Sayangnya, orang-orang masih saja terus memburu gorila dan membunuhnya. Akibatnya, jumlah habitat gorila di dunia semakin sedikit.

Jangan sampai oranga-orang salah mengira dan terus memburunya. Orang-orang harusnya menyelamatkan gorila dari kepunahan.  Binatang besar ini sama sekali tidak berbahaya. Mereka justru sangat pendiam dan pemalu. Mestinya perlu disosialisasikan bagi semua orang untuk tidak melakukan perburuan terhadap gorila karena gorila tidak buas dan tidak merugikan manusia.

Loading...
Selanjutnya : Masalah Tumbuh Kembang Balita hingga Remaja
Sebelumnya: Tugas Presiden dan Wakil Presiden Sekarang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar