GPU Android Murah dan Macam-macam Tipe GPU


GPU Android murah bisa berarti perangkat Android yang dilengkapi GPU, namun dibandrol dengan harga yang murah. Saat ini, ponsel atau smartphone Android memang sedang booming dan diminati oleh banyak orang. Dalam perangkat Android, biasanya akan dilengkapi pula dengan graphics processing unit atau yang disingkat dengan GPU.

Apa Itu GPU Android?

GPU adalah hardware atau chipset yang dipasang di dalam perangkat Android. GPU bekerja dalam hal penampilan grafis. Jadi, prinsipnya hampir sama dengan video graphics adapter atau VGA yang terpasang pada komputer/PC. GPU punya peran besar dalam performa grafis ketika menjalankan aplikasi-aplikasi Android. Misalnya saja, game berbasis 3D yang menuntut performa grafis tinggi.

Android tanpa GPU tampaknya akan menjadi perangkat biasa tanpa grafis memukau. GPU juga sangat membantu kinerja processor, karena saat GPU dipasang pada perangkat Android, maka processor akan bekerja lebih ringan. Hal ini dikarenakan tugas mengolah grafis sudah diambil alih oleh GPU. Karena itulah GPU menjadi sangat penting dan menjadi pertimbangan tersendiri ketika seseorang ingin membeli perangkat Android.

Macam-macam GPU Android

Setiap perangkat Android pasti memiliki GPU dengan tipe yang berbeda-beda. Biasanya, GPU yang diaplikasi pada Android bukanlah tipe GPU Android Murah. Setiap jenis GPU yang terpasang pada perangkat Android rata-rata merupakan hardware yang berkualitas. Berikut ini adalah macam-macam GPU pada Android yang patut diketahui.

1. Adreno

Seri GPU ini dikembangkan oleh Qualcomm dan digunakan pada banyak perangkat Android. Awalnya, GPU ini bernama Imageon. Namun, berubah menjadi Adreno pada tahun 2008. Adreno sendiri dibuat dengan banyak tipe, misalnya Adreno 130, Adreno 203, Adreno 220, dan masih banyak lagi. Contoh perangkat Android di Indonesia yang menggunakan GPU Adreno adalah Galaxy Mini dan Galaxy Fit (Adreno 200), serta Xperia Mini dan Xperia Pro (Adreno 205).

2. PowerVR

PowerVR merupakan GPU buatan Video Logic yang dulu sangat terkenal di pasar VGA. Setidaknya, ada 6 seri dari GPU ini. Namun yang paling sering ditemui pada Android adalah seri SGX 5. Contoh perangkat Android yang menggunakan GPU ini adalah Sambung Galaxy Tab, Sambung Galaxy Tab 1, LG Optimus Black, dan LG Optimus 3D.

3. Mali

Mali adalah seri GPU yang dibuat oleh ARM untuk HDTV, game console, dan smartphone. Mali yang digunakan pada Android biasanya adalah Mali 400MP2 dan 400MP4. Contoh perangkat device yang menggunakan GPU ini adalah Samsung Galaxy S II dan Samsung Galaxy S III.

Itulas sekilas tentang GPU Android murah serta macam-macam tipe GPU. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kajian Psikologi Lingkungan
Sebelumnya: Mari Mengenal Penyebab DBD
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar