Gradasi Warna


Susunan warna yang terjadi akibat perubahan dari warna yang lebih lembut meningkat ke warna mencolok dalam satu objek dinamakan gradasi warna. Warna-warna gradasi biasanya tersusun dari dua warna atau lebih. Warna yang bergradasi dengan warna yang berpelangi memiliki perbedaan tersendiri.

Warna Gradasi

Warna gradasi tersusun dari warna yang lebih pucat hingga ke warna yang lebih cerah bahkan hingga terang mencolok atau warna gelap disusul dengan warna yang lebih terang. Sementara itu, warna pelangi tersusun menurut pakemnya yaitu  enam warna mencolok yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

Mewarnai suatu objek dengan teknik gradasi, biasanya bertujuan untuk membedakan atau menyampaikan suatu pesan dari objek tersebut. Kunci untuk menghasilkan warna-warna gradasi yang bagus dan menarik adalah imajinasi kreatif dan selalu berani bereksperimen.

Warna-warna yang berteknik gradasi, sudah mulai banyak di kenal dan di pakai dalam proyek perkerjaan tertentu, seperti gambar dalam desain grafis, warna pada kain tekstil dan juga bidang kuliner, khususnya hiasan kue. Teknik gradasi ini pertamakalinya di pakai dalam mewarnai gambar atau melukis dengan tujuan menyampaikan suatu makna atau cerita dari gambar tersebut.

Ada tips khusus untuk mendapatkan warna gradasi yang lebih menarik dan serasi, antara lain : gunakan warna-warna pastel terlebih dahulu baru kemudian ke warna yang lebih mencolok, atau bisa juga dengan yang lebih berani yaitu warna yang agak gelap lebih dulu dan kemudian meningkat ke warna yang terang. Tidak semua warna bisa cocok untuk digradasikan, contohnya seperti penggunaan warna merah dan warna biru.

Paduan Warna Gradasi

Berikut adalah warna-warna yang serasi untuk digradasikan, antara lain : putih menuju abu-abu muda lalu meningkat ke abu-abu tua, warna merah darah meningkat ke orange kemudian kuning, warna coklat tua kemudian coklat muda dan krem, warna merah jambu atau pink baurkan dengan warna ungu muda kemudian timpa warna ungu tua, atau empat warna juga sangat menarik yaitu pink tua ke pink muda, lalu susun dengan orange muda dan baurkan lagi warna kuning.

Bila Anda tertarik dengan gradasi warna ini, cobalah untuk mempraktekkan sendiri dengan cara sederhana. Langkah pertama, gunakanlah pinsil warna atau krayon, kertas putih, pinsil.

Caranya adalah gambarlah sketsa yang diinginkan pada selembar kertas putih, lalu torehkan warna gelap ke separuh gambar tersebut, kemudian timpa lagi dengan warna setingkat lebih terang, lapisi lagi dengan warna yang sangat terang dari ke dua warna tadi lalu baurkan warna tersebut ke seluruh gambar untuk memperhalus warna. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Skets Kombinasi Tanaman Pekarangan untuk Pagar
Sebelumnya: Tips Memilih Hotel Murah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar