Fakta Menarik Dibalik Gravitasi Planet Jupiter yang Besar

Diantara sekian banyak planet yang ada dalam tata surya, gravitasi planet Jupiter merupakan gravitasi terbesar di antara planet lainnya. Meski terletak jauh dari matahari, hal ini tidak memengaruhi gaya gavitasi di dalam planet terbesar di tata surya ini.

Planet Jupiter diklaim memiliki kekuatan gaya gravitasi 2,4 – 3 kali lebih kuat daripada gaya gravitasi di permukaan bumi.  Ini berarti objek yang ada di bumi seberat 100kg akan lebih berat sebesar 240 kg jika berada di permukaan Jupiter. Gravitasi yang kuat ini tentu akan menyulitkan pergerakan mahkluk hidup seperti manusia di planet tersebut.

Loading...

Gaya Gravitasi ialah gaya tarik menarik yang terjadi antara partikel yang mempunyai masa di alam semesta. Kuatnya gravitasi di Planet Jupiter ternyata  juga berpengaruh pada benda-benda yang ada di luar angkasa. Jupiter sendiri memiliki 67 satelit alami yang mengelilinginya.

Diantara banyak satelit tersebut, terdapat empat buah satelit terbesar yang bernama Calisto, Ganymede,lo, dan Europa. Satelit – satelit tersebut berhasil ditemukan oleh pakar astronomi asal Italia yakni Galileo Galilei.

Gaya gravitasi yang besar mencegah satelit – satelit tersebut bertabrakan. Bahkan, beberapa satelit memiliki orbit berbentuk elips karena adanya daya tarik-menarik. Selain satelit, berbagai asteroid juga mengelilingi planet ini akibat terperangkap medan gravitasi.

Memiliki jarak yang terbilang jauh dengan matahari yakni 778, 57 juta km, Planet Jupiter memiliki waktu revolusi sekitar 11,9 tahun atau mendekati 12 tahun dengan orbit sedikit elips. Walaupun demikian, planet ini justru memiliki waktu rotasi yang lebih cepat daripada bumi dan mars yakni 9 jam 56 menit.

Hal ini cukup mengejutkan karena planet ini cukup besar, berdiameter 142.984 kilometer. Diperkirakan daya tarik-menarik yang kuat antara matahari dan Planet Jupiter serta adanya gravitasi Planet Jupiter menyebabkan rotasi lebih cepat namun revolusi lebih lambat.

Satu lagi yang menarik dari Planet Jupiter ini. Meski memiliki gaya gravitasi yang besar, justru planet ini memiliki kandungan utama yang terbilang ringan. Tercatat ada 86% hidrogen dan 14% helium. Unsur tersebut sebagian besar terdapat di atmosfer planet.

Tak hanya itu, tercatat beberapa badai juga sering terjadi di atas permukaan planet.

Seperti halnya planet lainnya, Jupiter juga memiliki medan magnet yang besar. Tak hanya gaya gravitasi Planet Jupiter yang besar, medan magnet Jupiter diklaim 14 kali lebih kuat dibanding medan magnet bumi. Karena besarnya, medan magnet di Jupiter juga berfungsi sebagai perisai terhadap partikel dari luar angkasa.

Loading...
Selanjutnya : Mencoba Cara Bermake Up Sendiri di Rumah
Sebelumnya: Kehidupan John Lennon
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar