Gudang Film Animasi – Disney vs Dreamworks


Film animasi merupakan bentuk yang digemari oleh banyak orang. Gudang film animasi populer memang berasal dari Amerika Serikat. Film animasi dari Amerika biasanya menyasar penonton remaja atau lebih mudah. Tema ini membuat film animasi Amerika berbeda dengan Jepang yang biasanya menyasar segmen dewasa juga.

Film Animasi

Film animasi banyak dimulai dari pembuatan film kartun. Film kartun zaman dahulu memakai gambar manual untuk membuatnya. Jadi bisa dibayangkan bagaimana perusahaan seperti Disney menghasilkan sebuah film di zaman itu. Hal ini tentu berbeda di zaman sekarang ketika animasi sudah bisa dibuat dengan komputer.

Era memang sudah berubah, namun Disney tetap menguasai pasar film animasi dunia. Disney meraih kejayaannya ketika melakukan kerja sama dengan Pixar untuk membuat film animasi. Film seperti Toy Story trilogi, A Bug’s Life, Finding Nemo, atau Monster Inc. menjadi contoh film-film disney yang meledak di pasaran.

Namun Disney tidak mendominasi sendirian. Perusahaan lain seperti Dreamworks juga tidak tinggal diam untuk menyuguhkan film animasi. Film yang paling laris dari Dreamworks mungkin trilogi Shrek. Namun film lainseperti Ants atau Shark juga tetap laris.

Perseteruan ini sangatlah menarik karena keduanya sering menghasilkan film dengan tema sama dalam waktu yang berdekatan. Misalnya A Bug’s Life dan Ants memiliki cerita seputar semut. Shark dan Finding Nemo menyuguhkan cerita tentang ikan.

Walau begitu keduanya tetap menyuguhkan ciri khusus. Film dari Disney kebanyakan tidak dalam wujud manusia. Mungkin hanya The Incredibles yang paling tekenal dan memakai tokoh utama manusia. Sedangkan Dreamworks banyak memakai jasa artis terkenal untuk mengisi suara. Aktor seperti Robert de Niro, Will Smith, Mike Myers, Cameron Diaz, Antonio Banderas, Eddie Murphy, hingga Angelina Jolie pernah menjadi pengisi suara film dari Dreamworks.

Persaingan ini tetap terjadi hingga saat ini. Kedua perusahaan ini tetap memunculkan film animasi yang laris dan digemari. Secara hitungan statistik film animasi dari Disney meraih penghasilan dan penghargaan yang lebih banyak. Walau begitu, bukan tidak mungkin Dreamworks akan mengejar perolehan ini kedepannya.

Memang saat ini gudang film animasi masih ada di Amerika, tapi bisa saja suatu saat ada kabar dari anak bangsa sendiri yang membuat film animasi yang mendunia. Semoga.

Selanjutnya : Perbedaan Charger Ampere Besar dengan Ampere Kecil
Sebelumnya: Inilah Keunggulan Dan Kelemahan Blackberrry Curve 8520 Gemini
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar