Mengetahui Guna Zat Gizi Bagi Tubuh


Manusia hidup tentunya membutuhkan asupan gizi makanan yang cukup untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Tidak hanya itu, asupan makanan yang dikonsumsi pun kini sudah harus lebih diperhatikan nilai kandungan gizi di dalamnya. Banyaknya guna zat gizi bagi tubuh ini sangatlah memengaruhi metabolisme dalam tubuh. Makanya tak heran, sehat atau tidaknya kita kini dapat dilihat dari asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Kemudian apa saja manfaat zat gizi bagi tubuh?

Untuk mengetahui lebih dalam tentang guna zat gizi di dalam tubuh kita, ada baiknya kita mencoba mencari tahu terlebih dahulu apa saja sih yang termasuk di dalam golongan makanan bergizi itu.

Manusia tentunya memerlukan energi untuk dapat melakukan berbagai aktivitas. Nah, salah satu sumber energi terbesar yang dapat kita peroleh untuk beraktivitas adalah dari makanan.Makanan sebagai sumber energi harus memiliki banyak kandungan gizi yang berguna dan memang diperlukan oleh tubuh.

Kita juga harus tahu, tidak semua zat gizi dapat dikonsumsi pada usia tertentu. Contohnya, untuk masa pertumbuhan anak-anak banyak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, seperti untuk pertumbuhan tulang dan lainnya, sedangkan bagi orang tua yang telah lanjut usia, mereka membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda.

Contoh makanan yang dapat dan dianjurkan untuk diberikan kepada anak-anak dalam masa pertumbuhannya, antara lain sayuran, seperti sayur bayam dan lainnya. Tapi, saat usia sudah mulai menua, biasanya akan dikurangi asupan makanan seperti sayur-sayuran untuk mencegah timbulnya penyakit atau gangguan dalam tubuh, seperti asam urat.

Untuk itulah, kebutuhan zat gizi dapat dipilah juga berdasarkan usia dan kebutuhan badan. Manfaat dari zat gizi bagi tubuh antara lain sebagai berikut.

  • Membantu dalam memberikan asupan nutrisi yang baik bagi pertumbuhan dan metabolisme dalam tubuh kita.
  • Dapat membantu menyediakan energi sebagai tenaga dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.
  • Dapat membantu dalam proses penyembuhan sekaligus mencegah serangan penyakit. Tubuh yang fit dan dalam keadaan sehat tentu saja akan lebih kuat dan tidak mudah sakit.

Jangan lupa juga asupan zat gizi yang kita konsumsi sehari-hari tidak boleh terlalu berlebihan. Pastikan menu makanan yang kita makan tetap seimbang dan baik bagi tubuh kita. Demikian guna zat gizi bagi tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Sekilas Tentang Perusahaan Retail dan Jasa
Sebelumnya: Artikel Alat Transportasi Modern di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar