Keindahan Gunung Cikuray

Gunung Cikuray merupakan gunung yang terletak di Jawa Barat. Tepatnya, di kabupaten Garut. Lebih tepatnya lagi, ada di perbatasan dari kecamatan Bayongbong, Dayeuh Manggung dan juga Cikajang. Gunung ini termasuk dalam salah satu gunung yang tertinggi di Jawa Barat dengan urutan nomor empat setelah Gunung Gede. Ketinggiannya mencapai 2.818 meter di atas permukaan laut. Ketika kesana, Anda tentu harus mendaki dengan berbagai jalan dan medan yang tidak mudah.

Menuju ke Cikuray

Untuk menuju ke gunung tersebut, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum yang berasal dari Bandung atau bisa juga dari Tasikmalaya. Lalu, menuju terminal di Guntur. Setelah itu, dari sana akan diteruskan menggunakan angkutan umum kota menuju ke jalur pendakian. Jalur yang bisa ditempuh untuk menuju ke sana ada tiga jalur, yakni di Bayongbong, Cikajang, atau Dayeuh Manggung. Semua jalur tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan sangat menarik dengan karakteristiknya masing-masing. Apabila Anda adalah seorang petualang tangguh, jalur Bayongbong merupakan jalur paling terjal di antara yang lainnya.

Namun, jalur ini adalah jalur yang paling cepat untuk menuju puncak. Terserah Anda akan menggunakan jalur mana untuk mencapai ke puncak Cikuray. Namun, jika Anda bukan orang Jawa Barat asli, untuk mendaki Cikurai ini mesti sudah satu paket dengan gunung lainnya seperti Gunung Guntur serta Gunung Papandayan. Kedua-duanya memberikan penawaran medan yang cukup unik dan menarik untuk dilakukan pendakian.

Berbagai Hal di Cikuray

Di kabupaten Garut, letak dari kaki Gunung Cikuray ini adalah tempat yang paling tinggi di sana. Karena itu, apabila ke sana, Anda akan melihat banyak stasiun pemancar yang terpasang di sana. Misalnya saja, stasiun pemancar televisi swasta maupun dari TVRI. Gunung ini memang tergolong unik karena memiliki tidak hanya satu kawasan hutan. Namun, lebih dari satu, yakni kawasan hutan dipterokarp atas, hutan dipterokarp bukit, hutan ericaceous dan juga hutan montane.

Apabila Anda memang pecinta petualang dan gunung, wajib bagi Anda untuk mengunjungi tempat ini. Puncaknya benar-benar mengagumkan karena menampilkan pemandangan yang mirip dengan lautan, namun dari awan. Ketika Anda di sana pasti serasa ingin menjatuhkan diri di antara hamparan awan putih.

Tidak hanya itu, puncak gunung ini juga menampilkan pemandangan alam sunrise yang begitu dahsyat dan luar biasa karena matahari akan serasa terbit di antara awan putih. Pemandangan seperti itu tentu akan sangat jarang ditemui di lain tempat dan salah satunya bisa ditemui di Gunung Cikuray ini.

Loading...
Selanjutnya : Arti Primbon Haid
Sebelumnya: Republik Taat Hukum, Cara Rakyat Kecil Jadi Sukses
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar