Legenda Gunung Kalabat

Indonesia memiliki keindahan alam yang menakjubkan, salah satunya banyak gunung yang mengelilingi wilayah Indonesia. Gunung juga menjadi bagian alam atau tempat yang selalu dihubungkan dengan cerita atau legenda. Salah satu cerita yang terkenal adalah cerita Gunung Kalabat di Sulawesi Utara. Gunung dengan tinggi 1.995 ini menyimpan cerita rakyat yang akhirnya menjadi legenda.

Gunung Kalabat disebut juga dengan Gunung Tamporok oleh masyarakat Tonsea di Minahasa Utara. Gunung ini termasuk gunung berapi yang sudah tidak aktif. Pada puncak gunung tersebut terdapat kepundan yang memiliki danau kecil.
Kata ”kalabat” berasal dari bahasa Minahasa, yaitu kalawat. Kata ini dengan dialek masyarakat Tonsea disebut dengan Kalabat. Kata tersebut konon menjadi dasar penyebutan Celebes bagi Pulau Sulawesi. Kata ”kalabat” dipakai menjadi nama desa, stadiun, dan universitas.

Loading...

Pada zaman dulu, Gunung Kalabat memiliki tinggi yang sangat rendah. Konon, penghuni yang berupa makhluk halus pada dahulu kala ingin tempat tinggal mereka tersebut lebih tinggi daripada Gunung Lokon. Lalu, mereka menghadap sesepuh Pinontoan dan Ambilingan. Mereka memohon agar sebagian dari tanah di Gunung Lokon dipindahkan ke Gunung Kalabat.

Pinontoan dan Ambilingan memberikan tanah tersebut. Penghuni dari Gunung Kalabat pun mengambil tanah dari Gunung Lokon dan memindahkan ke tempat tinggal mereka. Namun, banyak tanah yang akhirnya tercecer. Tanah tersebut membentuk gugusan bukit, yaitu Gunung Kasehe, Gunung Empung, dan Gunung Tatawiran. Bahkan, dalam perjalan, tanah ini sudah lebih dulu tercecer. Kemudian, ceceran tanah tersebut membentuk beberapa gunung seperti Gunung Dua Basudara dan Gunung Batu Angus.

Pengambilan tanah tersebut membuat Gunung Lokon lebih rendah daripada Gunung Kalabat. Puncak dari Gunung Lokon sudah tidak ada karena sering meletus. Namun, Gunung Lokon tetap dianggap keramat oleh beberapa orang. Hal ini disebabkan gunung tersebut dianggap sebagai tetua dari gunung-gunung yang ada di Minahasa. Akhirnya, Gunung Kalabat menjadi puncak tertinggi di wilayah Minahasa.

Demikianlah pendeskripsian tentang Gunung Kalabat. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca, terutama dalam memahami berbagai keunikan wilayah Indonesia.

Loading...
Selanjutnya : Alasan Lelaki Mau Jadi Bencong
Sebelumnya: Pengertian Lingkungan yang Lengkap
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar