Gunung Pulosari di Serang Banten


Gunung Pulosari merupakan salah satu gunung di Kabupaten Pandeglang, Banten. Gunung ini memiliki ketinggian 1.346 meter. Selain keindahan alamnya, Gunung Pulosari di Serang Banten ini menyimpan cerita rakyat yang menjadi legenda. Tidak heran, jika tempat ini dikeramatkan oleh beberapa orang.

Pada masa sebelum masuknya Islam, Pandeglang merupakan wilayah dari kerajaan Banten Girang. Sunan Gunung Jati yang menyebarkan Islam berusaha untuk menaklukan kerajaan ini. Beliau bersama putranya, Hasanudin mengunjungi Gunung Pulosari yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Lalu, Sunan Gunung Jati berdakwah di sana. Masyarakat sekitar pun masuk Islam dan menjadi pengikut Gunung Jati. Gunung Jati menaklukkan Kerajaan Banten Girang dan atas restu dari Raja Demak, Sunan Gunung Jati menjadi raja di Kerajaan tersebut.

Gunung Pulosari memang sudah dikeramatkan sejak lama. Konon, gunung ini telah dikeramatkan sejak masa Kerajaan Sunda, yaitu sejak tahun 932 Masehi. Banyak peninggalan purbakala yang berhubungan dengan ritual masyarakat sekitar. Salah satunya adalah arca yang disebut dengan Sang Hyang Dengdek. Nama Sang Hyang Dengdek dijadikan nama sebuah desa di Kabupaten Pandeglang. Di desa ini terdapat tempat pemujaan masyarakat zaman dahulu.

Gunung ini juga memiliki peninggalan kompleks batu megalitikum. Kompleks tersebut disebut dengan Batu Goong Cutaman. Kompleks ini terletak di perbatasan Desa Sukasari dengan Desa Bongkaslandeuh. Situs ini berupa punden berundak dan di dalam kompleks ini juga terdapat batu Menhir. Menhir berada di bagian tengah dan sebagai pusat dari batu-batu yang mengelilinginya. Formasi ini banyak disebut dengan bentuk temu gelang. Bentuk semacam ini banyak ditemukan dalam situs Megalitik lainnya, seperti di Matesi, Jawa Tengah atau di Pugungraharjo, Lampung.

Di dekat situs tersebut terdapat situs lain yang disebut dengan Cataman. Kedua tempat ini dibangun pada satu periode yang sama dan dengan ciri budaya yang sama. Di situs Citaman terdapat batu-batu datar, batu berlibang, batu dakon, dan batu bergore. Selain itu, di kedua situs ini juga ditemukan banyak pecahan keramik. Situs tersebut tetap menjadi objek wisata budaya sampai saat ini.

Demikianlah pendeskripsian Gunung Pulosari di Serang Banten. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.

Selanjutnya : Mengintip Kepribadian Wanita Taurus
Sebelumnya: Alamat Situs tentang Haid
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar