Gunung Strato Maar – Gunung Api Tipe Strato Dan Tipe Maar

Gunung strato maar merupakan jenis gunung berapi yang ada di Indonesia, sementara gunung api tipe perisai tidak ditemukan. Gunung api tipe strato, tipe maar dan tipe perisai dibedakan berdasarkan bentuk dan proses pembentukannya.

Gunung Api

Loading...

Gunung api merupakan gunung yang terbentuk dari erupsi magma yang berasal dari inti bumi. Magma ini keluar akibat dorongan dati tekanan gas diperut bumi, magma keluar melalui celah batuan dan melelehkan batuan dalam perut bumi, yang kemudian keluar melalui kawah dipermukaan bumi.

Lokasi dibumi yang banyak ditemukan gunung api yaitu pada jalur  punggungan tengah samudera, pada jalur pertemuan dua buah lempeng kerak bumi, dan pada titik-titik panas di muka bumi tempat keluarnya magma, bisa di benua maupun di samudera. Gunung api aktif biasanya berada dipertemuan lempeng tektonik dan muncul di daerah-daerah yang berada didalam di Lautan Pasifik yang disebut “cincin gunung api”.

Ada juga gunung api yang terbentuk di kedalaman laut pada punggungan tengah samudera. Gunung api ini terbentuk di sepanjang pegunungan di tengah lautan, dimana pada lokasi ini lapisan kerak bumi menjadi tipis dan lemah. Hal ini menyebabkan magma yang terdorong keluar membentuk barisan gunung api dan pulau yang disebut pulau vulkanis. Contoh pulau vulkanis di Indonesua adalah Pulau Komodo yang sebenarnya merupakan puncak gunung api yang terletak didasar samudera.

Jenis Gunung Api Strato dan Maar

Gunung api berdasarkan bentuk dan proses terjadinya dibedakan menjadi gunung api strato atu gunung api kerucut, gunung api maar atau gunung api berbentuk danau kawah dan gunung api perisai atau tameng.

Gunung api strato atau kerucut merupakan jenus gunung yang banyak ditemukan di dunia juga di Indonesia. Letusan gunung api jenis ini termasuk letusan yang kecil, berupa lelehan batuan cair dan panas. Hal ini menyebabkan jenis gunung ini lerengnya berlapis-lapis akibat dari lelehan lava yang terus menerus. Gunung api jenis strato banyak ditemukan di  pulau Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Maluku.

Gunung api Maar merupakan gunung api yang berbentuk danau kawah. Terbentuk karena adanya letusan besar sehingga membentuk lubang besar pada puncak gunung dan membentuk danau atau kawah. Letusan ini gunung ini mengeluarkan benda padat atau effata. Contoh gunung api maar di Indonesia seperti gunung Lamongan di Jawa Timur.

Demikianlah pembahasan tentang proses dan pembentukkan gunung strato maar. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Kenali Vagina Sehat Dan Ketahui Adanya Gangguan Dan Penyakit Pada Vagina
Sebelumnya: Cabang-cabang Ilmu IPS yang Paling Digemari
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar