Mempelajari Teknik Budidaya Gurame Terpal

Gurame adalah ikan yang paling nikmat jika disantap dengan sambel ulek mentah, dan ditambahkan dengan beberapa jenis sayuran yang direbus dan dijadikan sebagai lalapan. Namun, pernahkah Anda tertarik untuk membudidayakan gurame terpal?

Apa Itu Gurame Terpal?

Gurame terpal bukan nama untuk jenis ikan tertentu, tetapi biasanya digunakan sebagai sebutan cara pembudidayaannya. Membudidayakan ikan gurame bisa dilakukan di dua tempat yakni di dalam kolam beton dan kolam terpal.

Langkah Ternak Gurame

Tetapi, untuk membudidayakan gurame tidak semudah yang dipikirkan. Ini lantaran, dibutuhkan keuletan serta ketekunan dalam menjalani usaha ini. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dan dipersiapkan sebelum memulai budidaya gurame yang dibesarkan di kolam terpal.

1. Siapkan Kolam

Langkah awal yang harus dilakukan yakni menyiapkan lahan dan kolam untuk membudidayakan gurame tersebut. Jika Anda memiliki halaman belakang rumah yang cukup luas, bisa digunakan sebagai tempat untuk membuat kolam.

Kolam terpal sebenarnya jauh lebih murah dibandingkan dengan pembuatan kolam beton atau permanen. Cara membersihkannya pun jauh lebih mudah. Cukup menggali tanah sebesar yang diinginkan, kemudian tutupi permukaan tanahnya dengan terpal. Kemudian langkah selanjutnya yakni mengisi air. Hal ini, dimaksudkan untuk mempersiapkan makanan alami untuk ikan dalam jumlah banyak.

2. Mempersiapkan Waktu Penebaran Bibit

Bibit ikan gurame tidak bisa langsung diturunkan di dalam kolam. Ini lantaran, ikan gurame dapat mati karena stress atau depresi dengan lingkungan barunya. Oleh karena itu, dibutuhkan kolam adaptasi. Cara melakukan adaptasinya yakni benih gurame yang masih di dalam plastik bening dimasukkan ke dalam kolam sampai permukaan plastik tampak sudah berembun.

Jika plastik sudah berembun, itu menandakan suhu di dalam plastik dan kolam sudah sama. Selanjutnya, buka plastiknya dan biarkan air kolam masuk sedikit demi sedikit ke dalam plastik. Pastikan bibit ikan dalam keadaan baik ketika keluar dari plastik.

3. Memperhatikan Proses Pemberian Makan

Proses selanjutnya yang tidak kalah pentingnya yakni proses pemberian makan pada ikan gurame. Ikan gurame merupakan ikan pemakan tumbuhan atau dengan kata lain hewan herbivora. Tetapi, ketika masih berupa bibit, ikan gurame biasanya menjadi karnivora, itulah sebabnya makanan yang diberikan yakni cacing sutra, ada juga yang memberikan kutu air atau yang disebut Daphina. Jika salah dalam pemberian makanan, bisa membuat bibit gurame akan mati.

Jenis Pakan yang Cocok Untuk Ikan Gurame

Ada beberapa jenis pakan yang sering diberikan sebagai pada budidaya ikan gurame terpal, Di antaranya daun kangkung, ada juga yang biasanya memberikan daun ubi jalar, dan daun papaya. Ada juga pakan buatan seperti pellet dan juga ampas tahu. Siap menjadi peternak gurame menggunakan terpal?

Loading...
Selanjutnya : Manfaat Dibalik Buah Ganitri
Sebelumnya: 4 Hadiah yang Diberikan Saat Menghadiri Pesta Ulang Tahun Teman
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar