Mengenali Habitat Hamster

Habitat hamster terletak di bagian utara, yaitu dari Eropa sampai ke Siberia, Mongolia, Tiongkok, bahkan sampai ke Korea. Sedangkan di wilayah bagian selatan, hamster terdapat di wilayah mulai dari Suriah sampai dengan negara Pakistan.

Hamster hidup di daerah dengan bukit atau di perbatasan padang pasir, di sungai sungai yang terdapat di lembah, di kaki gunung, padang rumput, bahkan di daerah dataran rendah bebatuan. Binatang jenis pengerat ini tersebar hampir di setiap negara dengan jenis-jenis yang berbeda. Hamster temasuk dalam keluarga subfamily cricetinae, yang tebagi ke dalam 18 spesies dan diklasifikasikan menjadi enam atau tujuh genus, yaitu genus umesocricetus atau hamster emas, genus phdopus atau hamster kerdil, genus cricetus, genus cricetulus, genus allocricetulus, genus cansumys, dan genus tscherskia.

Loading...

Hamster peliharaan

Hamster, saat ini banyak dijadikan binatang peliharaan, yang disimpan di dalam kandang. Beberapa jenis hamster yang banyak dan cocok untuk dijadikan binatang peliharaan di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Hamster Cina yang berasal dari kawasan Cina bagian utara. Hamster Cina memiliki ekor panjang dengan ukuran bisa mencapai 2 cm.
  • Hamster Mini Winter White, hamster jenis ini memiliki mata yang sedikit menonjol keluar, berwarna hitam, bulu pada bagian kepalanya dominan berwarna putih, juga memiliki kumis yang banyak. Winter White sangat lincah, ia senang bersembunyi dengan gerak yang lincah.
  • Hamster Mini Campbell, adalah jenis hamster yang galak, ia akan menggigit orang yang tidak dikenalnya. Hamster Campbell bisa dijinakkan jika ia sudah merasa kenal dengan pemiliknya, yaitu dengan mengenali bau si pemilik.
  • Hamster Hibrida, adalah jenis hamster yang dihasilkan karena adanya perkawinan silang antara satu jenis hamster dengan hamster jenis lainnya. Pada umumnya, Hamster Hibrida berasal dari perkawinan hamster jenis Winter White dengan Campbell.

Hamster yang dipelihara hidup di dalam kandang, sedangkan habitat hamster aslinya tinggal di lubang di dalam tanah. Lubang-lubang tersebut digali oleh mereka sendiri. Hamster membuat lubang mirip terowongan yang bisa menghubungkan antara satu ruangan dengan ruangan lainnya.

Setiap ruangan memiliki fungsi yang berbeda, misalnya lubang untuk buang air, lubang untuk menyimpan makanan, dan lain sebagainya. Untuk membudidayakan atau menjadikan hamster sebagai hewan peliharaan, dalam hal kandang, bisa disesuaikan dengan cara dan tempat asalnya.

Loading...
Selanjutnya : Daftar E-banking dan Proses Registrasi Nomor Ponsel di CIMB Clicks
Sebelumnya: Memilih Golongan Antibiotik Alami untuk Pengobatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar