Hacker Komunitas di Indonesia


Kemunculan hacker komunitas. Baru-baru ini publik gempar dengan diretasnya situs pribadi milik Presiden Bambang Susilo Yudhoyono. Ternyata peretas situs pribadi milik Pak SBY tersebut adalah remaja kelahiran 1992 dari Jawa Timur. Apa maksud dari peretas atau yang biasa kita sebut dengan hacker?

Peretas atau hacker adalah orang atau sekelompok orang yang mempelajari tentang teknologi informasi dan mencoba untuk menerobos ke dalam jaringan komputer baik untuk kepentingan pribadi maupun karena merasa tertantang. Perkembangan hacker di Indonesia sendiri bisa dibilang sangat pesat dengan munculnya hacker komunitas.

Antara Hacker dan Cracker

Memang perkembangan teknologi saat ini akan berdampak positif dan negatif bagi pemakainya dan bagi kita secara umumnya. Mendorong orang-orang yang cinta pada dunia teknologi informasi mengembangkan dan mengasah kemampuannya dalam bidang teknologi tersebut.

Sebenarnya istilah peretas ini sudah muncul sejak tahun 1960-an yang dirintis oleh sebuah kelompok mahasiswa. Pada saat itu istilah hacker digunakan untuk penyebutan bagi mereka yang memiliki keahlian pada bidang komputer dan program komputer.

Perkembangan hacker beralih ke pandangan yang negatif pada tahun 1983-an. Pandangan negatif tersebut muncul karena FBI menangkap kelompok kriminal komputer. Hingga pada saat ini terdapat hacker yang memang murni dan hacker yang negatif sehingga menimbulkan kerugian atau masalah tertentu yang mungkin bisa kita artikan dengan cracker.

Peraturan Komunitas Hacker

Sebenarnya dalam dunia hacker terdapat aturan atau etika yang harus dipatuhi para hacker. Misalnya, harus menghormati segala bentuk pengetahuan dan kebebasan informasi, tidak mendistribusikan software bajakan, tidak mengambil keuntungan yang negatif dari meretas (hack) dan tidak pernah meretas sebuah sistem dengan tujuan uang, memberitahukan admin jika ada pelanggaran keamanan dan harus mengetahui kemampuan diri serta siap untuk mengajarkan berbagai informasi yang didapat.

Di Indonesia terdapat hacker komunitas yang terkenal dan menjadi komunitas hacker yang besar. Misalnya adalah Jasakom. Bagi mereka yang senang mempelajari teknologi komputer dan jaringannya tentu tidak asing lagi dengan Jasakom.

Jasakom lahir pada tahun 2000 dan hingga kini selalu eksis baik di dunia online maupun offline. Tujuan didirikannya Jasakom ini adalah untuk memberikan pengetahuan betapa pentingnya keamanan dalam penggunaan internet dan jaringan komputer.

Satu lagi ada Xcode yang berasal dari Kota Yogyakarta. Komunitas ini didirikan pada 5 Juni 2004 dan cukup dikenal hampir di seluruh Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Xcode dapat ditemukan pada situs xcode.or.id. Selain itu, masih ada beberapa hacker komunitas lainnya yang ada di Indonesia saat ini.

Dengan adanya komunitas ini mudah-mudahan keamanan dalam jaringan komputer bisa kuat.

Selanjutnya : Sengketa Perebutan Kebudayaan Di Dunia Internasional
Sebelumnya: Hadis-hadis yg Mewajibkan Menuntut Ilmu Agama
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar