Hadis-hadis yg Mewajibkan Menuntut Ilmu Agama

Islam adalah salah satu agama yang menaruh perhatian besar pada pendidikan. Semenjak Rasulullah SAW wafat, umat Islam diberi pedoman berupa Al Quran dan sunah sebagai pegangan agar tidak tersesat. Selain itu, untuk melengkapi keterangan yang ada dalam Al Quran, umat Islam juga menggunakan hadis. Agar tidak salah, sebelum percaya dengan sebuah hadis, kita harus tahu kualitas hadis tersebut dhaif (lemah) atau shahih sehingga bisa kita contoh. Terdapat banyak hadis yang dapat dijadikan pegangan kehidupan, termasuk hadis-hadis yg mewajibkan menuntut ilmu agama.

Hadis yang Menunjukkan Pentingnya Ilmu Agama

Salah satu hadis yang menunjukkan pentingnya ilmu agama adalah hadis yang menyuruh untuk menuntut ilmu dari buaian hingga ke liang lahat. Hadis tersebut dapat dimaknai bahwa menuntut ilmu tidak hanya terbatas sampai dewasa saja, melainkan sampai kita meninggal, terlebih lagi ilmu agama yang menjadi bekal kita mengarungi kehidupan. Agama membuat hidup kita menjadi jelas dan terarah sehingga wajib bagi kita untuk mengetahuinya.

Abu Darda, seorang periwayat hadis meriwayatkan bahwa orang yang pandai akan dimohonkan ampun oleh penduduk langit dan bumi. Jika dosa kita banyak, tentu hal ini adalah kabar yang menyenangkan. 

At Tirmizi bersama periwayat hadis lainnya meriwayatkan bahwa orang berilmu memiliki kelebihan dibandingkan dengan seorang yang ahli beribadah, ibarat kelebihan bulan yang ada pada malam purnama atas seluruh bintang. Dalam surat Al Mujadilah ayat 11, terdapat firman Allah yang menyatakan bahwa orang yang beriman dan diberi ilmu pengetahuan akan ditinggikan beberapa derajat.

Agama menjadi salah satu kebutuhan rohani manusia. Tanpa agama, seseorang yang hidup di dunia ini hatinya akan terasa kosong. Perlu ditanamkan bahwa menuntut ilmu tidak hanya sekadar untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tidak cukup jika hanya mencari ilmu melalui lembaga formal seperti sekolah, melainkan kita juga harus aktif mencari sumber lainnya. Menuntut ilmu agama bisa dilakukan di majelis-majelis atau tempat kajian. Setelah mengetahui hadis-hadis yg mewajibkan menuntut ilmu agama, apakah Anda ingin belajar agama lebih banyak lagi?

Selanjutnya : Hacker Komunitas di Indonesia
Sebelumnya: Hadiah Sabar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading