Hadis Mengenai Sabar Ketika dalam Masalah


Dalam agama Islam, banyak disebutkan tentang hadis mengenai sabar ketika dalam masalah. Hadis itu sendiri merupakan salah satu sumber hukum dalam agama Islam. Hadis merupakan segala perbuatan, perkataan dan diamnya Nabi Muhammad SAW atas segala perbuatan yang dilakukan oleh para sahabat.

Hadis ini digunakan sebagai sumber hukum dalam Islam, ketika tidak ditemukan penjelasan rinci atas sebuah masalah di dalam Al Qur’an. Atau pula, digunakan untuk memperkuat sebuah hukum dan menyertai penjelasan yang terdapat dalam Al Qur’an tersebut.

Arti Sabar

Banyak hadis yang menjelaskan tentang bagaimana manusia dalam menghadapi kehidupan di alam ini. Salah satunya adalah hadis mengenai sabar ketika dalam masalah. Sebab, banyak manusia yang kehilangan kemampuan pengendalian diri dan emosi, manakala mereka mendapatkan sebuah masalah dalam hidupnya.

Banyak manusia yang merasa frustasi, dan mengeluarkan emosi yang berlebihan ketika mendapat masalah. Salah satunya adalah hadis yang diriwayatkan oleh Tabrani, dimana disebutkan bahwa Allah SWT sangat menyukai orang yang tidak pernah berputus asa ketika mereka berdoa.

Tafsir dari hadis tersebut adalah, bahwa manusia tidak boleh menyerah dalam menghadapi berbagai kondisi yang ada. Kesabaran merupakan bekal bagi manusia untuk bisa berhasil memenangkan kehidupan.

Karena dengan sabar, manusia memiliki sebuah keyakinan, bahwa Allah merupakan Zat yang mengatur setiap langkah manusia. Sehingga, tidak ada sebuah kejadian yang lepas dari peran Allah, sehingga manusia harus selalu berdoa kepada Allah untuk diberikan kesabaran menjalankan kodrat mereka.

Hikmah Sabar

Dengan membiasakan sabar dalam menghadapi semua permasalahan, pada dasarnya manusia sedang berusaha menggapai hikmah dari sikap tersebut. Ada beberapa hikmah dari sikap sabar yang bisa dinikmati secara langsung, antara lain adalah sebagai berikut.

• Menjadikan pikiran jernih. Dengan sikap sabar, kita akan tenang sehingga mampu berpikir jernih untuk mencari solusi dari masalah yang ada tersebut.

• Menjaga kesehatan. Sikap sabar, akan menjauhkan seseorang dari penyakit. Penyakit yang biasa diderita mereka yang sering kehilangan kesabaran antara lain darah tinggi, jantung, bahkan juga mengalami stroke.

• Memudahkan rizki. Orang yang sabar, biasanya akan memiliki banyak kawan. Semakin banyak kawan, semakin banyak rizki yang bisa didapatkan oleh seseorang.

Selanjutnya : Haid Normal dan Siklusnya
Sebelumnya: Sekilas Cerita Film Kawin Kontrak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar