Kumpulan Hadis Nabi Tentang Cinta Sesama Manusia dan Hikmah yang Terkandung

Hadis Nabi tentang cinta sesama manusia jumlah cukup banyak, karena memang Islam menempatkan cinta pada sesama sebagai salah satu kenikmatan hidup dan karunia dari Allah SWT. Namun, dalam urusan kecintaan maka agama yang dibawa Nabi Muhammad Saw ini mengaturnya dengan sangat rinci.

Sebut saja urutan kecintaan seseorang dalam hidupnya harus benar, yakni pertama ia harus mencintai Allah SWT dan Rasul di atas segalanya dikehidupan ini. Kemudian memupuk kecintaan pada seorang ibu lalu ayah dan seterusnya.

Kumpulan Hadist Cinta Pada Sesama Manusia

Hadis Nabi tentang cinta sesama manusiaperlu menjadi perhatian seorang muslim yang harus melandasi rasa kecintaan dan kasih sayangnya dengan akidah yang benar dan lurus. Sebab kecintaan tanpa disertai keimanan akan tampak kesia-siaannya di di akhirat yang abadi.

Untuk memaknai kecintaan agar selaras dengan tuntunan syariat maka perlu diketahui ayat-ayat dan hadits Nabi yang memuat tentang tema ini.Berikut ini beberapa hadits Nabi Muhammad Saw yang berbicara tentang topik kecintaan terhadap sesama muslim dan manusia secara keseluruhan:

Hadis Nabi Tentang Cinta Sesama Manusia 1

Hikmah Ajaran Saling Mencintai Sesama Manusia

Belakangan ini kita digempur pemberitaan yang memuat isu pertikaian, tawuran antar pelajar, bentrok masa, dan tindakan kriminal lainnya yang mengesankan sifat-sifat kemanusiaan mulai pudar dari bangsa ini. Setiap perbuatan atau aktivitas manusia di dalam hidupnya tentu terikat dengan cara pandang dan keyakinan yang ia pegang. Bila saja rakyat Indonesia bisa memahami penting dan wajibnya sikap mencintai sesama manusia yang diajarkan oleh agama Islam, tentu permasalahan dan tidak kriminal tadi tak perlu banyak terjadi.

Cinta memiliki posisi yang penting dalam memperkuat persatuan dan keharmonisan kehidupan di dunia. Kecintaan sendiri sangat beragam bentuk dan pengaruhnya pada setiap manusia, seseorang yang cinta harta tentu akan meletakkan semua kepentingan kepada harta yang dimilikinya. Sehingga dia akan menjadi sosok yang pelit dan kikir meskipun banyak orang di sekitarnya lebih membutuhkan sedikit dari hartanya.

Dalam penjelasan Ibnu Qayyim Aljauziyyah pada bukunya tentang cinta menurut Al Qur’an dan Assunah, beliau menerangkan bahwa cinta yang dimiliki manusia dapat digolongkan menjadi 3 kelompok. Yakni cinta pada Allah dan Rasul Saw, kemudian cinta pada sesama manusia serta makhluk lainnya, dan terakhir kecintaan pada dirinya sendiri.

Sebagai muslim sejati sudah menjadi kewajiban pada diri kita untuk mencintai manusia yang lain, menghindari perkataan dan perbuatan yang menyakiti pihak lain, tidak gampang menuduh dan gemar memfitnah dan tidakan buruk lainnya. Semoga artikel hadis Nabi tentang cinta sesama manusia ini dapat berguna bagi kita semua di dunia dan akhirat.

Selanjutnya : Melamin Alat Pabrik Plastik yang Berbahaya
Sebelumnya: Membuat Barang dari Bahan Bekas Murah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...