Hadis Tentang Keutamaan Puasa Ramadhan


Puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban setiap umat Islam di seluruh dunia. Sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah di dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 63 yang mewajibkan umat muslim untuk berpuasa seperti yang diajarkan oleh nabi Muhammad agar menjadi orang yang bertakwa. Beberapa hadis tentang keutamaan puasa Ramadhan juga banyak yang membahas tentang kewajiban umat Islam ini.

Hadis tentang puasa di bulan Ramadhan dapat sebagai pembangkit semangat untuk berpuasa di bulan yang penuh dengan kemuliaan ini. Dengan memahami beberapa hadis tentang puasa Ramadhan ini maka akan diperoleh tentang keutamaan dan kebaikan selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini.

Keutamaan dan kebaikannya yaitu puasa akan dapat membuka pintu surga, catatan kebaikan selama bulan Ramadhan akan dilipatgandakan, puasa di bulan Ramadhan akan dapat menghapuskan dosa dan puasa Ramadhan sebagai bukti keikhlasan kepada Allah.

Pintu surga akan dibuka dan pintu neraka akan ditutup apabila datang bulan Ramadhan. Hadis ini diriwayatkan oleh Bukhari. Dengan melakukan ibadah selama di bulan Ramadhan akan membuka peluang masuk ke surga lebih besar karena intensitas ibadah lebih baik di bulan ini. Di bulan yang mulia ini umat muslim akan menghindari perbuatan yang tidak baik. Sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Thabrani bahwa puasa akan menjadi perisai apabila tidak dirusak dengan dusta dan membicarakan keburukan orang lain.

Nilai ibadah akan dilipatgandakan menjadi tujuh puluh kali selama bulan Ramadhan. Hadis tentang keutamaan puasa Ramadhan ini menjadi alasan bagi umat muslim untuk memperbanyak ibadah sunah dan memperbaiki ibadah wajibnya. Orang yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan bersungguh-sungguh maka waktunya akan dicatat ibadah, napasnya dianggap sebagai zikir dan tidur akan memperoleh pahala.

Dosa di masa lalu akan dihapuskan dengan berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan. Hadis ini diriwayatkan oleh Muttafaqun ‘Alaih. Namun ibadah yang dilakukan harus disertai dengan peningkatan kualitas dan kuantitasnya.

Ibadah puasa menjadi ibadah khusus yang dilakukan oleh hamba kepada Allah karena berpuasa merupakan ibadah yang tidak dapat dilihat orang lain. Sehingga akan terhindar dari sikap pamer beribadah puasa. Menurut hadis qudsi bahwa semua amal yang dilakukan oleh umat muslim untuk kepentingan pribadinya kecuali ibadah puasa adalah untuk Allah dan akan memperoleh balasan dari Allah.

Kualitas manusia akan dapat ditingkatkan selama bulan Ramadhan. Keuntungan lainnya bagi umat muslim yaitu mengendalikan nafsu dasar manusia, melatih empati dan melatih kesabaran. Sehingga dengan melakukan puasa akan menyehatkan jasmani dan rohani. Salah satu hadis tentang keutamaan puasa Ramadhan dikatakan oleh Rasulullah bahwa puasa dapat menyehatkan jasmani dan rohani.

Selanjutnya : Menelusuri Harga Backberry Termahal
Sebelumnya: Seperti Apa Hadiah yang Berkesan Itu ?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar