Hadist Keutamaan Menuntut Ilmu


Menuntut ilmu adalah hak dari semua manusia, tanpa memandang apa pun agama yang dianut. Setiap manusia memiliki hak yang sama dalam mendapatkan ilmu. Terlebih lagi dalam ajaran Islam, bahwa setiap muslim wajib untuk menuntut ilmu, baik tentang ilmu agama maupun ilmu pengetahuan atau umum.

Menuntut Ilmu dalam Al Quran dan Hadist

Karena, dengan menuntut ilmu kita bisa mengetahui segala hal yang awalnya kita tidak tahu akhirnya kita mengetahuinya. Dan, biasanya orang semakin berilmu dia akan semakin rendah hati. Lalu, adakah hadist keutamaan menuntut ilmu? Menuntut ilmu dalam ajaran Islam juga diatur dalam Al Qur’an, yaitu:

Hadist Keutamaan Menuntut Ilmu

Hadist Keutamaan Menuntut Ilmu

Hadist Keutamaan Menuntut Ilmu

Hadist Keutamaan Menuntut Ilmu

Adapun berikut adalah beberapa hadist keutamaan menuntut ilmu.

Hadist Keutamaan Menuntut Ilmu

Hadist Keutamaan Menuntut Ilmu

Seorang muslim juga harus memperhatikan adab-adab dalam menuntut ilmu, yaitu ikhlas, bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu, meminta pertolongan hanya kepada Allah Swt., mengamalkan ilmu yang diperoleh tersebut dan menghias diri dengan akhlak mulia, serta menyampaikan ilmunya. Dalam ajaran Islam, fungsi ilmu adalah sebagai petunjuk keimanan yang sudah dijelaskan dalam QS. 22:54 ; 3:7 dan 35:28 dan juga sebagai petunjuk beramal.

Bahkan, dalam kehidupan sehari-hari para guru akan selalu memberikan semangat kepada para muridnya agar selalu menuntut ilmu. Bahkan kata-kata mutiara ini sering kita dengar “ Tuntutlah Ilmu Walaupun Sampai ke Negeri Cina”. Hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya ilmu itu bagi kehidupan manusia tanpa mempedulikan tempat dan waktu. Selagi masih ada kesempatan, raihlah ilmu sebanyak mungkin.

Dengan ilmunya, manusia bisa mengangkat derajat mereka dan manusia berilmu akan lebih disegani karena ilmunya. Islam juga memiliki ilmuwan-ilmuwan terkenal seperti Jabir bin Hayyan beliau adalah seorang sarjana fisika dan kedokteran.

Al Khawarizmy, yaitu ahli aljabar dan ilmu bumi. Abdul Abbas Ahmad Al Farghaniy, seorang ahli perbintangan atau astronomi. Abduraihani Muhammad bin Ahmad, adalah seorang ahli kedokteran, perbintangan, matematika, fisika, ilmu bumi, dan sejarah.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya tentang hadits keutamaan menuntut ilmu, sangat diharapkan bahwa Anda juga berusaha untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya dan dapat mengamalkannya dalam kehiudpan sehari-hari. Karena, ilmu yang bermanfaat itu termasuk amal jariyah.

Selanjutnya : Filsafat Tuhan Dalam Islam, Versi Karen Amstrong
Sebelumnya: Prosesi Upacara Dodol Dawet
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar