Hadist Puasa

Hadist puasa- Puasa atau shaum diartikan sebagai menahan diri dari makan, minum, dan senggama dimulai dari waktu terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari dengan niat yang ikhlas untuk mendapat keridhaan Allah.

Hadist Puasa

Keutamaan Puasa Ramdhan

Allah SWT dan Rasul-Nya telah memberikan penjelasan tentang berbagai macam keutamaan puasa Ramadhan agar kita berlomba-lomba menggapai rahmat Allah. Pada hakikatnya puasa akan menjadikan kita orang-orang yang sabar dan mampu melawan hawa nafsu. Berikut ini adalah beberapa keutamaan dari menjalankan puasa Ramadhan, antara lain:

a. Ampunan dan pahala yang besar

Bagi orang yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan baik laki-laki dan perempuan akan mendapatkan ampunan dosa-dosa yang telah lalu dan pahala bagi mereka.

Hadist Puasa

b. Melindungi dari api neraka

Orang beriman akan selamat dari api neraka bila menjalankan puasa. Dalam sebuah hadist puasa yang diriwayatkan dari Al-Bukhary dan Muslim dari Abu Hurairah ra, bahwa puasa merupakan tameng.

c. Pemutus syahwat

Puasa dikatakan sebagai pemutus syahwat didasarkan pada hadist yang diriwayatkan oleh Al-Bukhary dan Muslim, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Hadist Puasa

Hadist Puasa

d. Puasa dapat menyehatkan badan

Dengan berpuasa tubuh kita akan bertambah sehat. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan akan bekerja dengan kapasitas yang tepat. Bila kita makan terlalu banyak maka akan menjadikan sistem pencernaan kita menjadi payah. Begitu juga sebaliknya bila kita terlalu sedikit mengkonsumsi makanan maka akan menyebabkan sistem pencernaan kita mengalami masalah. Lambung tidak akan bisa mencerna makanan namun tetap bekerja. Ini dapat membuat kita terserang penyakit maag.

Bulan Penuh Berkah

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini terdapat malam yang penuh berkah serta kemuliaan yaitu malam lailatul qadar. Dengan menjalankan puasa maka kita akan dijauhkan dari api neraka serta ditambah dengan malam Lailatul Qadar akan menjadikan kita diberikan banyak keberkahan.

Selain itu bulan ramadhan merupakan salah satu waktu yang menjadi mustajab (dikabulkannya doa-doa). Orang yang menjalankan puasa dibulan ramadhan akan diampuni dosa-dosanya dan dikabulkan doa-doanya seperti hadist puasa yang telah dijelaskan diatas. Bau mulut yang dimiliki oleh orang yang menjalankan puasa Ramadhan merupakan salah satu keistimewaan. Bau mulutnya orang yang menjalankan puasa Ramadhan dianggap oleh Allah melebihi harumnya bau misik atau kasturi.

Loading...
Selanjutnya : Isi Hero Mariah Carey Tentang Apa?
Sebelumnya: Fakta Kenapa Jahe Mengandung Rasa Pedas?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar