Mengenal Hadist Tentang Kebersihan Sebagian dari Iman

Hadist tentang kebersihan sebagian dari iman hampir diketahui semua umat muslim. Nasihat yang mungkin sering  didengar atau sering kita temukan tulisannya di masjid dan di tempat-tempat yang memang harus senantiasa dijaga kebersihannya. Benarkah kebersihan sebagian dari iman? Mengapa kita harus menjaga kebersihan? Apa mamfaat dari menjaga kebersihan?

Hadist Tentang Kebersihan

Benarkah kebersihan sebagian dari iman? Jawabannya adalah iya. Islam menyukai kebersihan. Karenany,a di saat hendak beribadah, diwajibkan untuk bersih dari hadas besar dan hadas kecil. Diharuskannya bersuci terlebih dahulu, dengan berwudu dan mandi, jika dalam keadaan memiliki hadas besar. Begitu pula dengan tempat yang hendak dijadikan untuk beribadah atau salat, sebaiknya ada dalam keadaan bersih juga.

Pentingnya Menjaga Kebersihan

Mengapa kita harus menjaga kebersihan? Seperti telah disinggung sebelumnya, Islam mengajarkan menjaga kebersihan. Allah menyukai kebersihan, keindahan, dan kesucian. Rasulullah sendiri suka kebersihan dan menganjurkan untuk hidup bersih. Betapa Islam memandang betapa pentingnya menjaga kebersihan. Ada banyak mamfaat yang didapat dari hidup bersih.

Ketika badan ini bersih dari kotoran, akan menjadikan badan lebih segar dan sehat, terhindar dari berbagai bibit penyakit. Di samping itu, ketika tubuh ini bersih dan sehat, pikiran pun menjadi lebih jernih dalam berpikir. Begitu pula dengan lingkungan sekitarnya. Jika ada dalam keadaan bersih, maka akan membuat kita menjadi sehat, nyaman, dan tenang, baik itu ketika hendak melakukan ibadah ataupun menjalankan aktivitas sehari-hari.

Mari Menjaga Kebersihan

Kebersihan bukan hanya akan membuat kita sehat. Kebersihan juga sangat dianjurkan oleh agama. Karenanya. siapa yang menyukai kebersihan, berarti ia telah menyempurnakan keimanannya dan siapa yang hendak disukai Allah, maka jagalah kebersihan. Mari kita menjaga kebersihan mulai dari diri sendiri, tempat kita tinggal, dan lingkungan sekitar tempat kita berada.

Ketika semuanya dalam keadaan bersih, maka akan membuat segala sesuatunya nyaman dan enak untuk melakukan ibadah ataupun pekerjaan, selain menjadi enak dipandang. Tak heran, jika Islam mengajarkan untuk hidup bersih. Sebab, ada banyak mamfaat yang dapat diambil dari menjaga kebersihan, Sehingga begitu pentingnya kebersihan ini maka ada hadist tentang kebersihan sebagian dari iman.

Loading...
Selanjutnya : Artikel Tentang Macam-macam Jenis Menulis
Sebelumnya: Kata-kata Muslim dan Prinsip Hidupnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar