Hadist tentang Olahraga dan Kesehatan


Hadits tentang olahraga dan kesehatan adalah panduan bagi Umat Islam untuk menjalankan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga. Kesehatan sangat penting bagi manusia karena tanpa kesehatan manusia tidak dapat melaksanakan aktivitasnya. Sebagaimana pepatah mengatakan “Di Dalam Tubuh yang Sehat, Terdapat Jiwa yang Sehat”. Hanya mereka yang sakit yang dapat melihat betapa berharganya kesehatan.

Hidup sehat ala Rasulullah SAW diantaranya dengan melakukan berbagai kebiasaan sehat seperti bersyiwak, mandi, dan mencuci tangan. Selain itu Hadist kesehatan Nabi Muhammad SAW diantaranya terdapat dalam HR Bukhari dan HR Muslim yang menyatakan bahwa selain kesehatan jasmani maka penting bagi manusia menjaga kesehatan hati karena bila hati baik maka baiklah seluruh tubuh, bila hati buruk maka buruklah seluruh tubuh.

Hadist tentang menjaga kesehatan diantaranya berisi anjuran kepada Umat Muslim untuk memakan makanan yang baik, berobat ketika sakit (dengan habatussauda, minyak zaitun, madu, kurma, berbekam, gurah, susu unta, ruqyah), tidak berlebih dalam makan, menjaga kebersihan fitrah (khitan/sunatan, mencukur bulu kemaluan, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, dan mencukur kumis). kesehatan lahir dan batin

Olahraga dan sehat cara Nabi didasarkan pada Hadits Rasulullah SAW tentang kesehatan diantaranya :

1 Hadist tentang Olahraga dan Kesehatan

Jenis-jenis olahraga sesuai Hadits diantaranya adalah olahraga renang, olahraga panah, olahraga berkuda, dan olahraga lari seperti dinyatakan dalam Hadits berikut ini :

2 Hadist tentang Olahraga dan Kesehatan

Gaya hidup sehat bagi seorang Muslim sangatlah penting. Seorang Muslim harus memiliki kesadaran untuk hidup sehat dan berolahraga. Olahraga bagi umat muslim diantaranya olahraga yang bertujuan membakar kalori seperti jalan kaki 10.000 langkah, jogging, bersepeda, dan senam. Lakukan secara rutin minimal 1 jam setidaknya 3 kali seminggu. Sambil berolahraga, anda bisa mendengarkan lagu religi atau ceramah keIslaman. Dengan demikian, anda mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu kesehatan lahir dan batin.

Nabi Muhammad SAW dikenal mempunyai kebiasaan berjalan kaki bahkan beliau sering mengajak istrinya untuk berjalan kaki bersama. Berjalan kaki 10.000 langkah per hari sangat efektif untuk menciptakan kebugaran tubuh serta menghindarkan diri dari penyakit-penyakit berbahaya.

Setelah memahami Hadits tentang olahraga dan kesehatan, semoga anda sebagai umat Islam yang berpegang pada Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah SAW semakin termotivasi untuk melaksanakan gaya hidup sehat dan berolahraga.

Selanjutnya : Jenis-jenis Angkutan Umum di Jakarta
Sebelumnya: Cucak Rowo Adalah Burung yang Terancam Punah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar