Hadist Tentang Persaudaraan Sebagai Pengikat Iman

Hadist tentang persaudaraan bisa kita jadikan sebagai pedoman dalam mempererat tali persudaraan sesama muslim. Adakalanya kita lupa dalam bersikap dan bertutur kata dalam pergaulan dan menyebabkan orang lain tersinggung atau sakit hati. Sebagai sesama muslim, kita tentu diajarkan bagaimana bersikap dalam pergaulan, dan salah satunya ada dalam hadist yang diriwayatkan dari perawi hadist.

Nabi Muhammad SAW adalah panutan semua umat muslim. Sebagai panutan, apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, baik itu perilaku, sikap, aturan hidup dalam kaitannya dengan pergaulan hidup patut kita contoh. Selain itu, tentu saja anjuran dan ajaran dari Nabi Muhammad SAW harus kita teladani dan jadikan sebagai contoh daam kehidupan sehari-hari.

Loading...

Semua Muslim Itu Bersaudara

Umat muslim di seluruh dunia ini sangat banyak dan tidak semuanya kita kenal atau saling mengenal. Persudaraan antara sesama muslim ini sudah diatur dalam Al-Quran maupun hadist, dan kita harus menanamkannya di dalam hati. Sebagai saudara tentu saja kita harus dituntut untuk saling menyayangi, menghormati, menghargai, dan saling mengingatkan. Apapun yang terjadi, jangan sampai tali persaudaraan sesama muslim kita putus.

Menanamkan rasa cinta persaudaraan antar sesama muslim sangat penting untuk kita lakukan. Rasa cinta persaudaraan yang kuat dalam diri bisa menghalau segala perbedaan dan terjadinya konflik. Dengan rasa saling memiliki antar saudara ini, kita akan jauh dari berbagai kemungkinan perbuatan yang bisa merusak dan menodai persaudaraan kita. Persaudaraan antar sesama muslim yang erat bisa menepis segala gangguan yang bisa memecah belah persatuan.

Sesama Muslim Harus Saling Menyayangi

Namanya saudara, sudah tentu kita harus saling menyayangi satu sama lain. Dalam Islam tidak ada yang namanya budaya yang berbeda, warna kulit yang berbeda, pangkat dan golongan yang berbeda, atau kedudukan yang berbeda dan segala yang berbeda. Semua kita sama di mata Allah SWT, yang membedakan hanyalah keimanan dan ketakwaan kita dalam menjalani hidup apakah sesuai dengan yang disyariatkan dalam ajaran Islam.

Ikatan persudaraan antara sesama muslim itu ibarat tembok yang tersusun dari ratusan batu bata sehingga membuatnya kokoh. Satu saja batu bata itu berlubang, maka akan berpengaruh pada susunan batu bata yang lainnya. Oleh sebab itulah, kita harus selalu menjaganya jangan sampai rusak. Banyak sekali hadist tentang persaudaraan yang dititahkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman pergaulan kita, seperti yang bisa kita lihat dalam beberapa hadist berikut.

Hadist di atas merupakan sebagian dari banyaknya hadist yang ada dalam berbagai kitab hadist sahih. Sebagai umat muslim sudah seharusnya kita mengamalkan apa yang diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW.
Demikianlah ulasan singkat mengenai hadist tentang persaudaraan yang bisa menguatkan tali ikatakan persaudaraan kita. Islam itu indah, dengan dijadikannya kita bersaudara berarti satu sama lain saling membutuhkan dan bersama-sama meningkatkan takwa dan iman kepada Allah Swt dengan saling menyayangi.

Loading...
Selanjutnya : Sejarah Cleopatra Sang Penakluk Hati
Sebelumnya: Kegiatan Gotong Royong RT
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar