Mencari Ilmu Sampai Mati

Mencari ilmu sangat dianjurkan bahkan wajib hukumnya bagi umat islam. Al Qur’an dan Hadist tentang wajib mencari ilmu menulis dengan jelas dan gamblang. Allah berfirman:

“Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan (yang berhak disembah)  melainkan Dia, yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu (menyatakan demikian itu). Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Ali Imran ayat 18).

Loading...

Allah SWT juga berfirman untuk memerintahkan Nabi Muhammad meminta tambahan ilmu kepada-Nya. Hal tersebut berarti ilmu merupakan hal yang utama atau baik untuk uliaan menuntut ilmu tersebut juga ada dalam surat Az-Zumar ayat 9. Berikut isi surat tersebut.

Katakanlah, Apakah sama antara orang yang mengetahui dengan orang yang tidak tahu.“ (Az-Zumar ayat 9).

Ayat tersebut menegaskan bahwa orang yang memiliki ilmu pasti bisa membedakan mana yang benar dan salah. Pengetahuannya tersebut dapat dipakai untuk bisa menaati perintah Allah. Sebaliknya orang yang tidak memiliki ilmu pengetahuan akan mudah terjerumus akan kesalahan.

Keutamaan dalam mencari ilmu juga terdapat dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Hadist tersebut berisi:
“Barang siapa yang menempuh perjalanan dalam rangka untuk menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga. Tidaklah berkumpul suatu kaum di salah satu masjid di antara masjid-masjid Allah, mereka membaca kitabullah serta saling mempelajarinya kecuali akan turun kepada mereka ketenangan dan rahmat serta diliputi oleh para malaikat. Allah menyebut-nyebut mereka di hadapan para malaikat.”

Hal tersebut berarti orang yang menuntut ilmu akan dimudahkan atau dijanjikan masuk surga jika ilmu yang dicarinya tersebut merupakan ilmu baik, termasuk orang yang rela menempuh jarak jauh demi bertambahnya ilmu yang dimilikinya. Allah juga akan menjanjikan kemudahan untuk hidup orang yang mau menuntut ilmu, baik di dunia maupun di akhirat nanti. Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud.

Ilmu yang bermanfaat juga merupakan amalan yang tidak akan terputus ketika manusia tersebut mati. Hal tersebut karena manfaat dari ilmu yang diajarkannya kepada orang lain terus digunakan dan diamalkan. Jadi amalan tersebut akan terus mengalir untuk orang tersebut walaupun dia telah meninggal dunia. Hal tersebut sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Muslim.

Loading...
Selanjutnya : Pupuk Organik Cair untuk Mensterilkan Tanah
Sebelumnya: Tips Berwisata ke Pulau Untung Jawa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar