Hadist Tentang Zakat dan Sholat


Banyaknya hadist tentang zakat dan sholat menunjukkan betapa pentingnya kedua jenis ibadah ini. Dalam Islam, selain bersumber dari Al-Quran, landasan beribadah juga berasal dari hadist nabi termasuk dalam hal sholat dan zakat.

Pedoman hidup umat Islam yang paling utama adalah Al-Quran, di samping itu hadist dan sabda dari Nabi Muhammad Saw juga merupakan pedoman yang bisa membawa umat muslim menjadi pribadi yang lebih baik.

Berikut ini beberapa hadist tentang sholat dan zakat.

Abu Hurairah berkata bahwa ada seseorang yang berkunjung ke Nabi. Orang itu berkata:

Hadist tentang Zakat dan Sholat

Jelas, hadist di atas mengetengahkan sebuah janji berupa balasan surga bagi mereka yang beriman dan kemudian telah melaksanakan sholat, membayar zakat yang merupakan kewajibannya serta menjalankan ibadah puasa wajib atau puasa Ramadhan.

Sabda nabi di atas, merupakan petunjuk bahwa siapa pun yang ingin masuk surga, satu-satunya jalan yang bisa ditempuh adalah tidak menyekutukan-Nya.

Selain itu, ada juga sabda nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar, seperti berikut ini:

Hadist tentang Zakat dan Sholat2

Dari hadist ini bisa dipetik beberapa penjelasan bahwa Nabi ketika memimpin sebuah peperangan landasannya adalah bahwa peperangan yang dilakukan dilakukan atas orang-orang kafir yang memerangi, mengkhianati perjanjian Islam ataupun juga menzalimi. Bagi orang non Islam yang hidup dalam sebuah negara yang dalam kondisi aman dan tenang dan tidak menimbulkan konflik, maka keberadaannya dilindungi karena termasuk dalam kelompok kafir Dzimny.

Orang-orang Islam yang sudah menunaikan kewajibannya dalam hal sholat dan zakat haram untuk diperangi, kecuali mereka yang telah melakukan pemberontakan atau bughat.

Harta yang dimiliki oleh kaum muslimin dan juga jiwanya sifatnya dilindungi oleh pemerintah Islam selama orang Islam tersebut sudah menunaikan kewajibannya dan juga tidak melakukan pelanggaran yang menentang syariat agama Islam.

Demikian beberapa hadist tentang zakat dan sholat. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Tips Menjadi Istri yang Baik untuk Suami
Sebelumnya: Kado Ulang Tahun untuk Anak Perempuan Usia 7 Tahun
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar