Hadits Nabi Tentang Surga Wasilah

Hadits nabi tentang surga wasilah akan memberikan gambaran kepada umatnya bahwa kehidupan disana yang kekal abadi diperuntukkan kepada mereka yang selalu berada di jalan yang benar. Surga merupakan tempat keabadian bagi umat manusia yang selalu menjalankan kebajikan sewaktu hidup di dunia.

Penggambaran surga baik melalui ayat-ayat Al Qur’an maupun hadits tentunya memiliki tujuan, supaya manusia saat ini yang merupakan umat Nabi Muhammad SAW senantiasa berada di jalan yang benar.

Loading...

Bagaimanakah Surga Itu ?

Penggambaran tentang kehidupan di surga begitu indahnya. Betapa tidak penggambarannya yang memberikan penjelasan bahwa hidup di surga yang penuh kenikmatan didalamnya, bahkan segala kenikmatan yang berada disana kekal abadi.

Kenikmatan di dunia yang semu ini tidak bisa menandingi kenikmatan yang ada di surga. Surga merupakan janji Allah SWT untuk umat Nabi Muhammad SAW dan juga umat-umat sebelum Nabi Muhammad SAW yang selalu menjalankan perintah-Nya dan tidak mengingkari segala ajaran yang dibawa oleh rasul-rasul Allah SWT.

Penghuni Surga yang Berada di Tingkatan Paling Tinggi

Sesungguhnya surga itu memiliki tingkatan-tingkatan, dan setiap tingkatan terdapat penghuninya yang disesuaikan dengan amal-amal kebajikan mereka sewaktu hidup di dunia. Lalu bagaimanakan mereka yang berada di tingkatan paling tinggi di surga.

Lalu siapakah penghuni surga yang berada di tingkatan paling tinggi ? Mereka yang mendapat kedudukan paling tinggi di surga adalah orang-orang yang dikehendaki oleh Allah SWT, jadi betapa mulianya orang tersebut.

Dan menurut Ibnu Katsir dalam An-Nihayah bahwa orang yang memperoleh derajat paling tinggi di surga itu adalah wasiilah, maksudnya kedudukan didalamnya terdapat kedudukan Nabi Muhammad SAW, sehingga jelas bahwa Nabi Muhammad SAW mendapatkan derajat tertinggi di surga nanti.

Adapun manusia yang akan mendapatkan derajat tertinggi di surga adalah mereka para syuhada’. Mereka yang berperang di jalan Allah SWT berada dibarisan depan, dan mereka tidak berpaling sama sekali, tidak takut dan tidak gentar, hingga mereka terbunuh karena mereka percaya akan janji Allah SWT.

Selain para syuhada’ yang berada di barisan depan, penghuni surga yang berada di tingkatan paling tinggi adalah dihuni oleh orang-orang yang selalu membantu  orang-orang miskin, janda, termasuk mengasuh anak yatim. Disertai juga para orang tua yang mendapat kebaikan dari doa anak-anaknya yaitu doa anak sholeh.

Untuk itulah kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW, nabi akhir jaman seharusnya bisa menjalankan apa yang menjadi kewajiban kita sewaktu hidup di dunia. Memang kehidupan saat ini yang begitu banyak godaannya, dan kita harus tetap mempertahankan iman kita.

Agar nantinya kita hidup di surga yang penuh dengan kenikmatan dan berada di tingkatan paling tinggi sesuai hadits nabi tentang surga wasilah. Itulah penggambaran mengenai kehidupan di surga, semoga hal ini bisa mempertebal iman kita dan selalu berusaha untuk berbuat kebajikan di dunia ini.

Semoga artikel mengenai hadits nabi tentang Surga Wasilah diatas bermanfaat bagi Anda.

Loading...
Selanjutnya : Mengkaji Definisi Pribahasa dan Maknanya
Sebelumnya: Mengenal Sosok Gitaris Fusion Dunia dan Sejarah Awal Berdirinya Musik Fusion
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar