Hadits Shahih tentang Sabar dan Ikhlas


Sabar dan ikhlas merupakan salah satu anjuran bagi seorang muslim. Seseorang yang sabar dan ikhlas akan diberi kedamaian dan kebahagiaan. Kedamaian dan kebahagiaan ini akan ditemui di dunia dan akhirat. Hal ini telah dijanjikan dalam hadits shahih tentang sabar dan ikhlas.

Hadits tentang Sabar dan Ikhlas

Salah satu hadis shahih tentang sabar dan ikhlas diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Hadits ini berbunyi demikian:

dari anas

Kita bisa mengambil hikmah dari hadits ini. Hadits ini merupakan sebuah janji dari Allah kepada orang yang sabar menghadapi cobaan dunia. Sering kali cobaan dan musibah di dunia memberikan manfaat kepada manusia tanpa disadari. Cobaan diberikan kepada manusia dengan tidak melebihi kapasitasnya. Jika melihat hal ini maka jika seseorang mengalami cobaan yang berat maka dia memiliki level yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang lain. Jika lulus dari cobaan ini, maka seseorang akan naik derajatnya. Namun jika gagal tetap akan membersihkan dosanya selama ini.

Karena itu jika orang menerima musibah tidak ada salahnya bersyukur. Dengan menerima musibah di dunia, maka kita dibersihkan dari dosa dunia. Akan lebih rugi jika seseorang hanya diberikan kenikmatan di dunia lalu ditagih di akhirat nanti. Orang ini baru mungkin akan merasa senang di dunia namun akan merasa merugi di akhirat nanti.

Hal ini sesuai dengan janji Allah. Kenikmatan dan rezeki yang diterima manusia tidak ada hubungannya dengan iman dan takwa. Namun Allah akan berjanji untuk mencukupkan orang yang beriman dan bertakwa kepadanya. Rezeki diberikan kepada manusia sesuai keinginan Allah dan tidak perlu dicemburui. Selalu ingat bahwa Rasulullah memilih untuk menjadi nabi dengan kesederhanaan dan bukan dengan kekayaan yang melimpah.

Bahkan sahabat nabi yang kaya raya seperti Usman di Affan banyak mendermakan hartanya di jalan Allah. Semua ini juga berdasar kesabaran. Orang yang sederhana bersikap sabar di tengah budaya konsumenisme dan pragmatisme di masyarakat. Orang kaya juga bersabar untuk tidak mengikuti nafsu dalam membelanjakan hartanya tidak di jalan Allah.

Demikian ulasan hadits shahih tentang sabar dan ikhlas. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Tanaman Dekat Jendela Rumah
Sebelumnya: Tanaman Buah untuk Tanah Berkapur
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar