Hadits tentang Adab Berpakaian


Apakah Anda pernah dengar larangan para pria memakai pakaian yang terbuat dari bahan emas dan sutra? Yup benar sekali larangan itu sudah menjadi aturan dalam agama islam. Karena islam mengajarkan tentang adab berpakaian.

Hadits Tentang Adab Berpakaian

Setiap manusia modern hampir pasti berpakaian. Orang akan dianggap bagian dari masyarakat dan masih berpikir dengan normal jika masih berpakaian. Pakaian sendiri berkembang menurut perkembangan zaman dan mode. Seringkali pakaian juga disesuaikan dengan iklim dan cuaca tempat manusia tinggal. Namun bagi seorang muslim, semua itu harus disesuaikan dengan aturan agama. Ada aturan dalam ayat dan hadits tentang adab berpakaian.

Al Qur’an bagi umat Islam khususnya dan manusia pada umumnya merupakan panduan hidup. Ada berbagai aturan hidup yang bisa kita taati  dalam kitab ini. Walau ditulis dalam bahasa Arab, namun budaya yang ditunjukkan juga bukanlah budaya Arab. Banyak aturan dalam aturan dalam Islam yang merombak sistem budaya Arab pada waktu itu. Jadi tuduhan orang bahwa budaya Islam merupakan budaya Arab sangatlah tidak berdasar.

Salah satu aturan yang ada dalam Islam merupakan cara berpakaian. Islam mengatur bahwa seorang muslim harus menutup aurat dari pandangan manusia lain baik ketika di luar atau di dalam rumah. Cara menutupnya tentu dengan pakaian yang baik dan tidak najis. Pakaian ini tidak harus berwujud seperti pakaian orang Arab. Orang Arab memakai pakaian seperti gamis karena memang dipengaruhi faktor cuaca. Karena itu seorang muslim memakai pakaian disesuaikan juga dengan iklim dan cuaca tempat ia tinggal. Islam membawa peraturan bukan untuk memberatkan.

Menutup aurat memang wajib, namun berbeda antara lelaki dan perempuan. Lelaki hanya wajib menutup dari bawah pusar sampai bawah lutut. Sedangkan wanita harus menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Pakaian yang dipakai diperbolehkan mengikuti mode yang sedang ada tanpa harus bertentangan dengan aturan Islam.

Selain itu ada larangan khusus bagi pria dalam busana yang akan dipakaianya. Pria dilarang memakai pakaian yang terbuat dari bahan emas dan sutra. Hal ini merupakan sebuah peraturan yang sebaiknya dipatuhi. Sutra dan emas dikhususkan untuk dipakai bagi wanita saja. Masih banyak pilihan bahan lain yang bisa dipakai oleh lelaki tanpa mengurangi rasa gagah. Islam memberi aturan juga untuk menguji ketaatan.

Selanjutnya : Puisi Ungkapan Hati
Sebelumnya: Manfaat Minum Jamu Kunyit Bagi Wanita Haid
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar