Hadits Tentang Huruf Hijaiyah


Hadist tentang huruf hijaiyah yang paling sering dibicarakan adalah cerita tentang Nabi Muhammad SAW yang menyuruh Ali Bin Abi Thalib a.s untuk membungkam mulut Yahudi yang meremehkan huruf hijaiyah. Karena hadist merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan perkataan, perbuatan, serta taqrir Rasulullah Muhammad. SAW, maka riwayat Nabi tersebut kemudian dijadikan landasan, tuntunan atau hadist tentang huruf hijaiyah.

Dalam riwayat itu diceritakan, bahwa seorang Yahudi berkata dengan sangat sombong pada Rasulullah Muhammad. SAW, “Apa faedah menghafalkan huruf hijaiyah?”

Mendengar pertanyaan tersebut, Rasulullah Muhammad SAW memerintahkan Ali bin Abi Thalib a.s untuk menjawabnya. Dalam hati beliau mendoakan Ali bin Abi Thalib a.s agar Allah memberi petunjuk jawaban dan penjelasan yang mampu membungkam mulut Yahudi tersebut.

Maka, Ali pun menjawab. “Tiada satu huruf pun kecuali semua bersumber pada nama-nama Allah.”
Mendengar jawaban tersebut, Rasulullah senang dan membenarkan jawaban beserta penjelasan yang diberikan Ali.

Nama Allah di Setiap Huruf Hijaiyah

Berdasarkan penjelasan Ali bin Abi Thalib a.s tersebut, diketahuilah bahwa masing-masing huruf hijaiyah sebenarnya menyimpan nama-nama kebesaran dan keagungan Allah. Sebagai contoh alif sebagai huruf pertama yang berbentuk tongkat yang tegak dan kokoh memiliki arti tiada Tuhan selain Allah yang Maha Hidup, Maha Kokoh dan tak terelakkan. Begitu seterusnya Ali bin Abi Thalib a.s menjelaskan hingga huruf terakhir Ya, yang berarti Tangan Allah yang selalu terbuka bagi siapa pun.

Rahasia Hijaiyah

Huruf hijaiyah yang berjumlah 29 adalah dasar dari pembelajaran al Qur’an. Tak ada yang mengetahui secara pasti apa yang dikandung dalam huruf Hijaiyah selain Allah dan Rasullnya.

Terkait dengan huruf hijaiyah yang menyimpan rahasia, Allah SWT melarang hamba-Nya untuk menyelidiki sesuatu yang gaib di balik huruf hijaiyah. Meski demikian, jika Allah berkehendak Allah akan membuka hijab bagi hamba-Nya yang ingin mengetahui rahasia tersebut. Selama pengetahuannya digunakan dan dimanfaatkan sebagai pembelajaran dan peningkatan iman dan taqwanya.

Hal tersebut terbukti pada penjelasan Ali Bin Abi Thalib a.s di atas. Di mana Allah membuka sedikit rahasia tentang makna dan kandungan nama-nama Allah di balik huruf hijaiyah tersebut. Penjelasan yang diakhiri dengan ucapan Rasulullah SAW, “Inilah perkataan dari orang yang telah diridhai Allah dari semua makhluk-nya.”

Penjelasan atau hadits tentang huruf hijaiyah tadi mampu membuat orang Yahudi tersebut masuk Islam.

Selanjutnya : Tokoh Pendidikan Indonesia dan Teorinya
Sebelumnya: Ramalan Jodoh dan Rezeki Menurut Garis Tangan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar