Hadits tentang Peradaban Manusia


Setiap bangsa pasti memiliki peradaban yang merupakan ciri dari bangsa tersebut. Hal ini juga termasuk dalam peradaban manusia seluruhnya dan Islam. Lalu adakah hadits tentang peradaban manusia?

Peradaban Manusia

Peradaban adalah apa yang dihasilkan oleh manusia dalam suatu hubungan masyarakat yang kompleks. Dalam hal ini berarti peradaban bisa berarti sebagai budaya yang dimiliki oleh masyarakat tersebut.

Peradaban bisa mencakup banyak hal di antaranya adalah ekonomi, sosial, cara kehidupan sehari-hari, kesenian, pendidikan, dan lain sebagainya. Semua hal tersebut merupakan kebudayaan yang dimiliki oleh setiap bangsa.

Jika kita ingin mengetahui kebudayaan atau peradaban yang dimiliki oleh suatu bangsa maka bisa dilihat dari kegiatan yang ada di dalam masyarakat tersebut. Salah satunya adalah melalui budaya yang dihasilkan seperti film, kesenian, dan yang lainnya.

Melalui hal tersebut kita bisa melihat bagaimana budaya yang dimiliki oleh bangsa tersebut. Kita juga bisa menyimpulkan bahwa peradaban suatu bangsa selalu mengalami perkembangan. Perkembangan yang terjadi tidak selalu sama dengan peradaban yang dimiliki oleh bangsa lainnya.

Hadist Peradaban Manusia

Islam adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW untuk disebarkan kepada semua manusia. Meskipun turun di Arab bukan berarti Islam hanya untuk orang Arab, tetapi untuk semua orang yang ada di muka bumi ini.

Dalam Islam ada sebuah kitab suci yang sangat diagungkan karena didalamnya memuat banyak sekali wahyu yang telah Allah SWT. Wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk dijalankan oleh ummatnya. Dalam menjalankannya maka hal itu diperjelas lagi dengan tingkah laku, perbuatan, dan ucapan Nabi Muhammad SAW yang disebut dengan hadist.

Islam adalah dalam setiap kehidupan dan tidak hanya dalam masalah agama. Oleh karena itu, tidak heran jika peradaban Arab berkembang dengan maju seiring dengan datangnya Islam dan banyak hadist yang mengatur tentang kehidupan manusia. Baik kehidupan secara individu maupun bermasyarakat.

Beberapa contohnya adalah adalah hadist mengenai adab makan, adab berhubungan dengan tetangga, adab mencari ilmu, adab terhadap orang tua, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua hal tersebut bisa dikatakan sebagai hadits tentang peradaban manusia.

Selanjutnya : Memperbesar Tenaga Kecepatan Motor Megapro CW
Sebelumnya: Apa Akibat Jika Kekurangan Karbohidrat?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar