Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia


Manusia adalah makhluk ciptaan tuhan yang paling mulia di antara semua makhluknya karena memiliki akal dan pikiran. Semua manusia memiliki derajat dan hak-hak yang sama sebagai manusia, berhak mendapat perlakuan yang sama.

Hak-hak yang sama sebagai manusia inilah yang kemudian sering disebut HAM (Hak Asasi Manusia). HAM adalah hak-hak yang melekat pada manusia berdasarkan kodratnya.

Hak Asasi Manusia

HAM tidak bergantung dari pengakuan orang lain, tidak pula bergantung dari pengakuan masyarakat atau Negara karena HAM adalah makhluk dasar yang dimiliki manusia sebagai manusia yang berasal dari Tuhan dan tidak dapat diganggu gugat oleh siapa pun. Pelanggaran terhadap HAM bertentangan dengan keadilan dan kemanusiaan.

Landasan Hukum HAM itu terdapat dalam Undang-Undang, yakni pasal 1 Nomor 39 tahun 1999 tentang HAM yang meliputi hak untuk hidup, hak berkeluarga, hak untuk mengembangkan diri, hak memperoleh keadilan, hak pribadi, hak rasa aman, hak memperoleh kesejahteraan, hak turut serta dalam pemerintahan, dan lain-lain. Hak-hak ini pun di dalamnya masih memiliki beberapa poin penjabaran dari setiap hak-haknya.

Namun, saat ini telah banyak jenis pelanggaran yang berkaitan dengan HAM. Pelanggaran itu dapat dilakukan oleh siapa pun, baik oleh pemerintah atau pun masyarakat. Menurut Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999 pelanggaran HAM adalah setiap perbuatan yang melawan hukum, mengurangi, menghalangi, membatasi, atau mencabut hak asasi manusia.

Namun, ada beberapa tingkatan dari jenis pelanggran HAM tersebut, ada yang bersifat kejam dan ada juga yang masih bersifat biasa. Contoh pelanggaran HAM yang bersifat kejam adalah pembunuhan, rasialisme resmi, pemerintahan totaliter, perusakan kualitas lingkungan, dan kejahatan perang.

Saat ini, di negara-negara internasional telah terjadi terorisme yang berbentuk ancaman dan kekejaman-kekejaman yang dilakukan suatu oknum tertentu, sehingga terjadi penderitaan yang berkepanjangan serta pembunuhan besar-besaran. Terorisme ini telah banyak terjadi di Negara berkembang saat ini termasuk Indonesia.

Perlindungan Hak Asasi Manusia juga diatur pemerintah dalam undang-undang, yakni dengan membentuk Komnas HAM, KPAI, dan sebagainya. Demikian sekilas mengenai HAM yang berlaku di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Tingkepan atau Mitoni dalam Masyarakat Jawa
Sebelumnya: Universitas Borobudur Fakultas Hukum
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar