Hak dan Kewajiban Negara dalam Masyarakat Madani


Banyak orang yang mengaku sudah khatam mengenai masalah Hak dan kewajiban di Negara ini. Namun kita harus lebih tahu lagi porsi yang benar antara Hak dan kewajiban negara dalam masyarakat madani, Masyarakat madani merupakan masyarakat yang telah berbudaya tinggi. Budaya ini tidak hanya dilihat dari kemajuan teknologi.

Lebih penting, budaya ini dilihat dari tingginya rasa kemanusiaan, jaminan hak asasi manusia, dan tingginya tenggang rasa dalam masyarakat. Pemerintah dan negara juga memiliki peran dalam masyarakat madani. Hak dan kewajiban negara dalam masyarakat madani akan menunjang kebudayaan beradab yang sudah muncul di masyarakat.

Negara yang telah berbudaya madani akan selalu menjunjung tinggi hukum. Setiap permasalahan yang ada di masyarakat diselesaikan dengan adil sesuai dengan panduan yang berlaku. Jika ada pihak yang melakukan kejahatan, maka akan diberikan sanksi dan hukuman yang adil. Di lain pihak, jika ada orang yang dirugikan akibat kebijakan negara misalnya, maka akan diberi ganti rugi yang layak.

Pemerintah Masyarakat Madani

Pemerintah dalam masyarakat madani juga bersifat terbuka dan tidak otoriter. Segala informasi yang melibatkan masyarakat harus boleh diakses. Namun negara juga berhak untuk berhati-hati dalam informasi yang berbahaya agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Negara berhak untuk memproses hal ini sesuai dengan hukum yang berlaku. Namun proses ini harus dilakukan secara terbuka dan tidak melanggar hak asasi manusia.

Rumusan negara madani ini memang sangat sulit diwujudkan. Bahkan di negara maju, situasi seperti negara madani ini hanya bisa terjadi pada saat tertentu. Banyak syarat yang harus dipenuhi untuk mewujudkan masyarakat madani. Salah satunya adalah keterjaminan ekonomi. Ketika ekonomi stabil, masyarakat akan lebih mudah untuk dididik menjadi beradab. Namun ketika ekonomi sulit, maka masyarakat akan lebih mudah terpicu untuk rusuh.

Selain itu, penegakan hukum yang tegas, adil, bersih, dan terbuka. Hal ini sangat susah terwujud di Indonesia. Hukum di Indonesia sudah lama menganut budaya korupsi dan suap sehingga bisa diperjualbelikan.

Selanjutnya : Mengenal Kerajinan dari Bambu
Sebelumnya: Penyakit Kulit Akibat Cacar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar