Hal-hal dalam Pendahuluan Sebuah Buku yang Harus Diketahui


Menulis sebuah buku biasanya memiliki aturannya sendiri. Aturan ini biasanya berbeda antara satu penerbit dan penerbit lainnya. Namun perbedaan ini tidak terjadi dalam bentuk yang fatal. Hal-hal dalam pendahuluan misalnya, hanya memiliki perbedaan dalam peletakan saja.

Namun tentu saja perbedaan peletakan ini tidak terlalu jauh. Tidak mungkin sebuah pendahuluan dalam buku diletakkan di tengah atau di akhir dari keseluruhan isi. Berlaku juga pada bagian lain dalam sebuah buku. Tidak mungkin daftar isi diletakkan di belakang dan daftar pustaka diletakkan di awal buku. Semuanya ini sebenarnya dari logika dan kebiasaan seseorang dalam mencari informasi dalam sebuah buku.

Pendahuluan dalam Buku

Pendahuluan diletakkan di awal karena memang isinya harus diletakkan di awal bacaan. Isi ini memuat alasan kenapa buku ini dibuat, latar kenapa buku dibuat, mungkin ada juga info seputar penulisan buku ini. Dalam pendahaluluan juga bisa terdapat ucapan terima kasih dari penulis atau penerbit. Banyak yang menyamakan pendahuluan dengan kata pengantar. Kata pengantar merupakan bagian khusus dari suatu pendahuluan. Bahkan ada juga penerbit yang membuat pendahuluan tulisan berdiri sendiri dan kata pengantar di bagian lain dalam buku.

Bagian buku lain yang pasti ada jelas daftar isi, isi, dan daftar pustaka. Daftar isi berisi tentang apa saja yang dibahas dalam buku dalam bagian per halaman. Daftar isi memberikan petunjuk bagi pembaca untuk mencari isi buku yang dia kehendaki. Pembaca juga bisa mengerti gambaran isi dari buku hanya dengan membaca daftar isi. Isi dibagi sesuai dengan keinginan penulis dan penerbit. Namun ada aturan tertentu mengenai penulisan isi di beberapa penerbit. Beberapa penerbit mengharuskan bagiah pertama dari suatu bab berada di bagian kanan halaman.

Daftar pustaka biasanya berisi daftar bacaan yang menunjang penulisan buku. Memang ada beberapa buku yang tidak menuliskan daftar pustaka ini. Bagian akhir buku ini biasanya berisi juga riwayat hidup dari penulis. Riwayat hidup ini biasanya hanya ditulis dengan singkat dan ditambahi dengan foto dari penulis.

Demikian hal-hal dalam pendahuluan yang harus diperhatikan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Bahaya di Balik Kuku yang Indah
Sebelumnya: Perbedaan Makna Sastra dari Tiap Angkatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar